Caleg Terpilih Bisa Tak Dilantik

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 18 Juni 2019 - 14:39:48 WIB   |  dibaca: 127 kali
Caleg Terpilih Bisa Tak Dilantik

LKHPN: Sekretaris DPC Gerindra Kota Serang KhoeriMubarok memperlihatkan bukti penerimaan LHKPN miliknya dari KPK, Senin (17/6).

SERANG- Calon anggota legislatif hasil pemilu 2019 yang memperoleh suara terbanyak (caleg terpilih) bisa tidak dilantik bila tidak menyerahkan laporan hasil kekayaan pejabat negara (LHKPN) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke KPU Kota Serang. Paling lambat LHKPN harus sudah diserahkan sepekan setelah penetapan anggota dewan terpilih.

Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran mengatakan, sesuai dengan Peraturan KPU tentang penetapan calon anggota dewan disebutkan setiap calon anggota DPRD yang memperoleh suara tinggi dan mendapatkan kursi diharuskan menyerahkan LHKPN dari KPK ke KPU. Bila tidak, maka yang bersangkutan tidak akan dimasukkan ke dalam daftar anggota DPRD Kota Serang yang akan dilantik oleh Gubernur Banten.“Artinya calon anggota dewan itu tidak akan dilantik menjadi anggota dewan,” kata Ade, Senin (17/6).

Ade menyatakan bahwa penyerahan LHKPN dalam aturan adalah seminggu setelah penetapan caleg terpilih dan perolehan suara caleg terpilih. KPU Kota Serang mengagendakan penetapan caleg terpilih dilakukan pada pekan pertama bulan Agustus. Sebab penetapan harus dilakukan setelah keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) keluar pada 1 Juli.“Tanggal dan tempat penetapan caleg terpilih baru mau dibicarakan,” ujarnya.

Agar partai politik atau caleg tahu tentang aturan ini, KPU Kota Serang akan menyurati partai politik untuk mengingatkan kewajiban ini. Partai politik diminta agar segera menyerahkan bukti LHKPN caleg mereka yang berpotensi terpilih ke KPU secepatnya. Bahkan penyerahan bisa dilakukan sebelum penetapan calon anggota dewan terpilih.“Sampai saat ini belum ada yang menyerahkan bukti LHKPN,” katanya.

Sekretaris DPC Gerindra Kota Serang Khoeri Mubarok mengatakan, bukti penerimaan LHKPN bagi caleg Gerindra yang akan mendapatkan kursi sudah diterima dari KPK seluruhnya. Total ada 7 caleg Gerindra yang mendapatkan kursi di DPRD Kota Serang. Ia mengklaim semua persyaratan itu sudah lengkap semua dan akan segera diserahkan ke KPU Kota Serang. “Insya Allah besok (hari ini) akan kita serahkan ke KPU,” kata Heri, panggilan Khoeri.

Heri mengatakan, sebelumnya ia mendapatkan informasi bahwa LHKPN baru bisa diserahkan setelah penetapan calon anggota dewan terpilih. Karena itu meski dokumen sudah lengkap, ia menunda penyerahan LHKPN tersebut. Namun setelah mengkonfirmasi KPU Kota Serang dan mendapatkan penegasan LHKPN bisa diserahkan saat ini maka ia tidak akan menunda lagi.“Gerindra juga akan transparan pada adanya informasi ini. Kita tidak akan main-main,” katanya. (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook