Masyarakat Diminta Jaga Empat Pilar Bangsa

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Rabu, 19 Juni 2019 - 15:51:35 WIB   |  dibaca: 61 kali
Masyarakat Diminta Jaga Empat Pilar Bangsa

SERIUS: Suasana sosilisasi empat pilar kebangsaan yang terselenggara atas kerjasama dengan kader posyandu dan PAUD Desa Pagintungan, Kecamatan Jawilan, Selasa (18/6)

SERANG- Masyarakat diharapkan dapat terus menjaga empat pilar kebangsaan. Sebab bila salah satu pilar sudah ambruk, maka akan membuat pondasi negara miring.Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Ichsan Soelistio mengatakan, empat pilar kebangsaan yaitu empat tiang penyangga dalam suatu negara, dimana tiang-tiang penyangga tersebut saling berhubungan satu sama lain. Sehingga negara tersebut dapat berdiri dengan sangat kokohnya.

“Berdiri kokohnya NKRI pada akhirnya berpulang pada apakah kita masih menggunakan empat pilar kebangsaan, atau sebaliknya,” kata Ichsan saat sosilisasi empat pilar kebangsaan di hadapan 150 orang yang diselenggarakan berkat kerjasama dengan kader posyandu dan PAUD Desa Pagintungan, Kecamatan Jawilan, Serang, Selasa (18/6).

Ichsan menyatakan, pembangunan karakter bangsa saling keterkaitan dengan pilar kebangsaan. Oleh karena itu semua hal harus berada pada asas yang berkesesuaian dan terintegrasi, yang bernafaskan Pancasila yang konstitusional dalam kerangka NKRI dan untuk menjamin keanekaragaman budaya, suku bangsa, dan agama.

“Jika salah satu pondasi pilar kebangsaan itu tidak dijadikan pegangan, karakter bangsa yang dicita-citakan hanya akan jadi sekadar wacana dan angan-angan. Maka akan goyahlah negara Indonesia disebabkan oleh hal tersebut,” katanya.

Sementara itu, Tini Bayanti yang bertindak sebagai narasumber sosialisasi empat pilar kebangsaan, mengatakan bahwa jika pilar yang satu tak kuat, maka akan berpengaruh pada pilar yang lain. Pada akhirnya bukan tak mungkin Indonesia akan ambruk secara bertahap, bergantung pada seberapa jauh dan seberapa dalam kita menggunakan empat pilar kebangsaan tersebut.

Ambruknya NKRI tentu saja tidak diinginkan oleh kita sebagai bagian dari NKRI.“Maka sangat penting bagi ibu-ibu posyandu dan PAUD yang merupakan ujung tombak generasi masa depan bangsa memahami dan menjaga empat pilar yang ada,” katanya. (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook