Tenaga Kerja Asing Wajib Miliki Izin

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 20 Juni 2019 - 12:24:56 WIB   |  dibaca: 138 kali
Tenaga Kerja Asing Wajib Miliki Izin

DOKUMEN TKA: Ratusan dokumen milik orang asing tersimpan rapi di kantor Imigrasi Kelas I Serang, Rabu (19/6).

SERANG- Kantor Imigrasi Kelas I Serang akan menggelar sosialisasi pemberian perizinan pengguna tenaga kerja asing (TKA). Sosialisasi berguna memberikan pemahaman bagaimana mempekerjakan tenaga kerja asing secara benar dan sesuai aturan.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas I Serang Yusup Rinjani mengatakan sosialisasi pemberian perizinan pengguna TKA diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan yang menggunakan tenaga asing. Terdapat 20 perwakilan perusahaan yang berada di Kabupaten Serang dan Kota Serang yang merupakan wilayah kerja Kantor Imigrasi Serang.

Peserta sosialisasi 20 perusahaan di wilayah kerja Imigrasi Serang.“Sebetulnya jumlah perusahaan ada banyak, tapi untuk kali ini kita sosialisasi ke 20 perusahaan dulu,” kata Yusup, Rabu (19/6).

Yusup mengatakan banyak perusahaan di Kota Serang dan Kabupaten Serang yang mempekerjakan orang asing sebagai tenaga kerja. Jumlah orang asing di kedua daerah ini mencapai ratusan orang. Perusahaan yang mempekerjakan tenaga asing itu banyak bergerak di bidang sepatu namun ada juga di bidang lainnya.“Seperti Nikomas itu kan ada tenaga kerja asingnya,” katanya.

Yusup menyatakan, sosialisasi digelar agar perusahaan tahu bagaimana cara mempekerjakan orang asing secara benar dan sesuai aturan yang berlaku. Mempekerjakan orang asing boleh dilakukan namun ada aturan yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Tenaga kerja asing itu misalnya harus memiliki izin tinggal terbatas (Itas) yang dikeluarkan oleh imigrasi. Juga ada syarat penjamin dari perusahaan terhadap orang asing tersebut.“Ada juga syarat lainnya untuk mempekerjakan orang asing dan itu ada di disnaker,” ujarnya seraya menmabahkan itas berlaku paling lama 2 tahun dan bisa diperpanjang.

Yusup mengungkapkan, narasumber yang akan memberikan penjelasan tentang aturan mempekerjakan tenaga asing akan diberikan oleh Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Serang dan Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian Kememterian Hukum dan HAM Provinsi Banten. Ia mengklaim kesadaran perusahaan selama ini sudah tinggi dalam mengurus dokumen saat akan mempekerjakan orang asing.

Teuku Fasa Febrian, salah satu panitia acara mengatakan, akan banyak informasi yang disampaikan dalam sosialisasi penggunaan tenaga kerja asing ini, salah satunya visa kunjungan yang dikantongi oleh orang asing tidak boleh digunakan untuk bekerja. (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook