Puluhan Warga Mancak Keracunan Ikan Pindang

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 20 Juni 2019 - 12:56:34 WIB   |  dibaca: 271 kali
Puluhan Warga Mancak Keracunan Ikan Pindang

KERACUNAN MASAL : Puluhan warga Mancak mendapat perawatan setelah keracunan ikan pindang yang dibeli dari pedagang keliling, Rabu (19/6).

SERANG – Sebanyak 39 warga Kampung Cimeubel, Kampung Gunung Asem, Kampung Pasir Gadung, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang terpaksa dilarikan ke puskesmas terdekat setelah mengalami gejala muntah-muntah, dan buang air besar terus menerus usai melahap ikan pindang dan ikan asin yang dibeli dari pedagang keliling yang biasa berjualan di kampung mereka, Rabu (19/6).

Informasi yang berhasil dihimpun Banten Raya, warga pada Rabu sekitar pukul 11.00 WIB membeli ikan pindang jenis lemuru, kembung, tongkol merah dan ikan asin kepada pedagang keliling bernama Saman, warga Desa Pasauran, Kecamatan Cinangka. Sekitar pukul 13.00 WIB, warga yang memakan pindang tersebut muntah-muntah dan berak disertai kepala pusing.

Kasi Trantib Kecamatan Mancak Mad Arsad menuturkan, saat ini para korban telah mendapat penanganan oleh tim medis di Kecamatan Mancak. “Jadi warga tadi (kemarin-red) siang beli ikan pindang sama Mang Saman tiba-tiba setelah makan pada muntah-muntah. Sekarang warga semua sudah ada di puskesmas. Untuk jumlahnya yang terdata 39 orang,” kata Mad Arsad.

Ia mengatakan, warga tidak curiga kepada pedagang ikan pindang dan ikan asin tersebut karena yang bersangkutan sudah dua tahun lebih keliling berjualan ikan di Kecamatan Mancak. “Kalau warga yakin yang menyebabkan mereka muntah-muntah karena ikan pindang, soalnya yang keracunan semua habis makan ikan pindang. Alhamdulillah enggak ada yang sampai meninggal,” ujarnya.

Sementara itu, Anton Harahap, warga Kecamatan Mancak yang berada di Puskesmas Mancak mengatakan, warga muntah-muntah dan buang air besar disertai pusing setelah mereka memakan ikan pindang tersebut. “Ada tujuh orang yang paling parah kalau jumlahnya mah lebih dari 30 orang. Untuk jenis ikannya ada ikan kembung, ikan tongkol merah dan ikan asin,” paparnya, tadi malam.

Ia menuturkan, saat ini tim medis dari Rumah Sakit Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang dan anggota PMI Kabupaten Serang sudah berada di puskesmas untuk membantu menangani para korban. “Sudah ada mobil ambulans tiga unit dari rumah sakit Serang. Enggak tahu apa ada yang dirujuk ke rumah sakit atau tidak karena masih dilakukan pemeriksaan oleh dokter,” katanya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang Dedi Sofyan membenarkan sejumlah warga di Kecamatan Mancak mengalami keracunan. "Iya ada yang keracunan. Sekarang sedang ditangani petugas di puskesmas dan kita juga sudah menurunkan tim ke sana (Mancak-red). Apakah penyebabnya ikan pindang atau bukan saya masih nunggu dari kepala puskesmasnya. Katanya lagi dibikin laporannya. Nanti kalau sudah ada disampaikan," ujarnya. (tanjung)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook