CFD Kembali Dilanjutkan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Senin, 24 Juni 2019 - 14:24:56 WIB   |  dibaca: 106 kali
CFD Kembali Dilanjutkan

CFD DIGELAR LAGI: Sempat akan dihentikan karena tidak ada anggaran, car free day (CFD) digelar kembali oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang, Minggu (23/6) pagi.

SERANG- Program car free day (CFD) yang sempat akan dihentikan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang, kembali digelar pada Minggu ( 23/6) pagi, mulai pukul 06.30-09.00. Masyarakat Kota Serang pun antusias menyambut program CFD tersebut.Diketahui, informasi CFD akan dihentikan tersebar melalui surat pemberhentian pelaksanaan CFD yang diterbitkan DLH pada 14 Mei 2019.

Pantaun Banten Raya sekitar pukul 08.00, salah satu jalan yang digunakan untuk program CFD yakni Jalan Veteran, dipenuhi oleh warga Kota Serang yang tengah beraktivitas olahraga. Tampak di sisi kanan dan kiri jalan tersebut, berdiri tenda-tenda bazar mulai dari jualan pakaian hingga kuliner.Salah seorang warga Kota Serang Isnawati mengatakan, CFD sangat dibutuhkan bagi masyarakat karena untuk memfasilitas warga ibukota yang akan beraktivitas olahraga.

"Sebaiknya CFD diadakan pas hari libur karena kalau gak diadain nantinya Alun-alun penuh, dan kalau Alun-alunnya itu penuh, olahraganya gak enak karena kebanyakan massa. Kalau diadain kan bisa olahraga di jalan,” kata Isnawati saat ditemui di Alun-alun Kota Serang.

Ia meminta CFD diisi dengan kegiatan-kegiatan berjenis olahraga, hal itu untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga."Kalau menurut saya adain senam dan ngadain olahraga tradisional seperti terompah panjang, egrang, dagongan, yang sekarang keberadaaanya kurang diminati oleh anak-anak zaman sekarang," usulnya.

Isnawati juga mengusulkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Serang agar memindahkan stand-stand bazar di jalan yang digunakan untuk kegiatan CFD."Jangan dihilangkan, kasihan mereka juga nyari uang buat keluarganya. Tapi usul saya dipindahkan jangan di lokasi Jalan Veteran, soalnya menggangu masyarakat yang sedang beraktivitas olahraga," ucap gadis yang berprofesi atlet muaytahi Banten ini.

Hampir senada dikatakan Yuli Robilastari. Atlet wushu Banten ini pun sepakat kalau CFD tetap berlanjut karena momen masyarakat untuk berekreasi dan hiburan."Kita sebagai warga juga menginginkan satu hari dalam seminggu untuk berekreasi. Nah di CFD ini salah satunya sarana yang tepat untuk bersenang-senang untuk melepaskan kepenatan," ujar gadis asal Malingping, Kabupaten Lebak ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Ipiyanto membenarkan bahwa CFD tetap diadakan walau pun anggaran pendukungnya sebenarnya tidak ada. Hal itu karena CFD merupakan salah satu program Pemkot Serang.“Sekali lagi saya menyampaikan CFD tetap rutin diadakan tiap minggu, walau pun anggaran pendukungnya tidak ada. Terkait dengan surat itu bukan masalah kegiatan car fee day-nya yang ditiadakan, tetapi pendukung kegiatan car fee day yang tidak ada anggarannya,” kata Ipiyanto seraya tidak menyebut berapa nilai anggarannya.

Ia mengungkapkan, kegiatan CFD lebih tepatnya diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang. Soalnya pada tahun 2018, DLH mendapat alokasi anggaran untuk menggelar CFD karena pihaknya memiliki program bebas polusi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, mulai dari kepolisian, dishub, satpol PP, dan disperdagingkop dan UKM.“Kami hanya menerima pemanfaatan dari kegiatan CFD yaitu program bebas polusi udara. Kalau tugas itu melekat pada DLH, namanya bukan car free day. Bebas dari polusi itu baru melekat pada DLH,” ungkap dia.

Karena itu, lanjut dia, pihaknya berkeinginan persoalan CFD dapat dibahas melalui rapat dengan melibatkan seluruh OPD terkait. Rapat OPD tersebut untuk menyamakan persepsi terkait CFD.“Besok ada rapat di (kantor) pemkot. Kalau dikasih kesempatan saya ingin menyampaikan soal ini dengan dinas terkait supaya tidak salah paham tidak salah penafsiran,” jelasnya. (harir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook