Pelamar FK Untirta Capai 500 Calon Mahasiswa

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Senin, 24 Juni 2019 - 14:30:05 WIB   |  dibaca: 284 kali
Pelamar FK Untirta Capai 500 Calon Mahasiswa

UNTIRTA: Sebuah mobil keluar kampus I Untirta di Jalan Raya Jakarta, beberapa waktu lalu.

SERANG - Rektor Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Sholeh Hidayat mengaku, pelamar Fakultas Kedokteran (FK) Untirta sudah diatas 500 calon mahasiswa. Namun yang baru mendaftar sebanyak 20 mahasiswa lebih.

"Jika dilihat dari jumlah pelamar, maka Untirta bisa mendapatkan calon mahasiswa Fakultas Kedokteran yang berkualitas, hal tersebut dikarenakan satu banding 10 jika melihat kuota yang tersedia," kata Rektor kepada Banten Raya, kemarin.

Ia juga mengakui dengan banyaknya pelamar yang ingin menjadi mahasiswa FK Untirta, dengan demikian FK Untirta banyak peminatnya. Kendati demikian, pihaknya masih terus melakukan sosialisasi terkait pembukaan penerimaan FK Untirta di delapan kabupaten/kota se-Banten. "Kami terus melakukan sosialisasi terkait pembukaan FK Untirta ini kepada masyarakat luas," ujarnya.

Senada disampaikan Sutji Ati, Kabag Perencanaan, Kerjasama dan Humas BAKP Untirta, pendaftaran mahasiswa baru FK Untirta sudah dilaksanakan sejak Tanggal 15 Juni hingga 12 Juli mendatang dengan cara online di laman smm-fk.untirta.ac.id.

Sedangkan untuk ujian tulis, kata Sutji, akan dilaksanakan Tanggal 19 Juli dan tes wawancara akan dilaksanakan Tanggal 20 Juli bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus tes tulis. Ia mengaku, kurikulum yang digunakan FK Untirta menggunakan standar kompetensi dokter Indonesia (SKDI) Tahun 2012, yang merupakan kurikulum pendidikan dokter moderen dengan menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, berbasis masalah, terintegrasi horizontal dan vertikal, berbasis konunitas, memungkinkan pemaparan menggunakan setting klinik lebih awal, sehingga memberikan pilihan luas bagi mahasiswa untuk memahami bidang ilmu yang diinginkan dan pelaksanaan secara sistematis.

"Karakteristik dan keunggulan FK Untirta selain melakukan perhatian utama kepada permasalahan ksehatan masyarakat di Banten, FK Untirta juga mempertimbangkan posisi strategis Banten dan memperhatikan banyaknya kawasan industri yang tersebar di Banten," kata Sutji.

Terkait dengan staf pengajar, Sutji mengatakan, jumlah dosen yang dimiliki untuk FK Untirta sebanyak 40 dosen diantaranya terdiri dari dosen PNS, dosen tetap non PNS dan dosen luar biasa dengan kualifikasi guru besar, strata S3, spesialis dan tenaga pengajar dari FK Universitas Indonesia."Fasilitas yang dimiliki FK Untirta diantaranya adalah ruang kuliah dengan teknologi multimedia, ruang tutorial, empat ruangan laboratorium dan perpustakaan," ungkapnya.

Ia menambahkan, jumlah kuota mahasiswa bagi FK Untirta sebanyak 40 mahasiswa yang melalui jalur beasiswa dari delapan kabupaten/kota se-Banten, dan 10 orang untuk calon mahasiswa melalui jalur umum dengan persyaratan lulus ujian tulis, wawancara dan tes psikologi yang dilakukan oleh FK Universitas Indonesia."Lulusan SMA, MA IPA yang memiliki usia ijazah tidak lebih dari 3 tahun saat mendaftar. Artinya lulusan tahun 2019, 2018 dan 2017, tidak buta warna, sehat jasmani dan rohani serta bebas narkotika," imbuhnya. (satibi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook