Banten Juara OSN 2019

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Senin, 08 Juli 2019 - 12:14:05 WIB   |  dibaca: 479 kali
Banten Juara OSN 2019

JAWARA: Kontingen asal Provinsi Banten foto bersama di Bandara Soekarno Hatta usai mengharumkan nama Provinsi Banten di ajang OSN Tahun 2019, kemarin.

SERANG - Provinsi Banten berhasil meraih juara tiga dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten, Ujang Rafiudin.

Ia mengaku bangga atas raihan prestasi yang berhasil diraih oleh kontingen Banten di ajang nasional tersebut. Raihan ini diharapkan menjadi motivasi bagi para pelajar di Banten untuk terus meningkatkan prestasinya baik dibidang akademik maupun non akademik."Saya berharap prestasi ini bisa mendorong peserta didik lainnya yang ada di Banten, untuk lebih giat belajar dan menorehkan prestasi diajang lainnya," harap Ujang kepada Banten Raya, Minggu (7/7).

Sementara itu,  Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 tingkat Sekolah Dasar resmi ditutup oleh Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Khamim. Ia menyampaikan bahwa selanjutnya seluruh peserta akan dijadikan duta sains mengingat pencapaian hingga tingkat nasional ini adalah hal yg luar biasa, meskipun tidak seluruhnya berhasil meraih medali.“Meskipun kalian semua belum meraih medali emas, perak dan perunggu, tetapi kalian semua merupakan pemenang Olimpiade Sekolah Dasar 2019.” kata Khamim saat acara penutupan OSN di Yogyakarta.

Dengan demikian, para peserta memiliki bekal menjadi orang-orang yang banyak memberikan manfaat bagi sesamanya. “Karena orang yang terbaik adalah orang yang paling banyak yang bermafaat bagi sesamanya,” tambahnya.

Khamim berharap pengalaman mereka tidak hanya berhenti pada saat OSN saja, namun dapat ditularkan kepada teman atau adik-adik kelasnya agar terpacu meningkatkan prestasinya. “Jadi, pengalaman berharga yang kalian miliki berhenti untuk kalian semua. Tetapi kalian bisa membimbing adik-adik kelas kalian, bahkan yang sudah kelas enam,” tutur Khamim.

Pada tahun ini, perolehan medali didominasi oleh Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Timur dengan jumlah medali masing-masing 9 buah, terdiri dari 3 emas, 5 perak, we dan 1 perunggu untuk DKI Jakarta. Sedangkan untuk Jawa Timur terdiri dari 1 emas, 3 perak, dan 5 perungu.

Di urutan ketiga, diduduki oleh Banten dengan 8 medali yang terdiri dari 1 emas, 1 perak, dan 6 perunggu. Selain medali, dalam kompetisi ini juga ada penghargaan the best overall, the best theory, dan the best experiment. (satibi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook