Anggaran Pakaian Dewan Rp 395 Juta

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Senin, 08 Juli 2019 - 12:55:28 WIB   |  dibaca: 251 kali
Anggaran Pakaian Dewan Rp 395 Juta

KAB TANGERANG - Meski calon legislatif (caleg )terpilih hasil Pileg 2019 belum ditetapkan, namun caleg terpilih yang nantinya duduk di kursi DPRD Kabupaten Tangerang sudah mulai menyiapkan pakaian dinas.

Bahkan sejumlah caleg terpilih sudah mengukur baju yang difasilitasi sekretariat DPRD Kabupaten Tangerang dengan nilai anggaran mencapai Rp 395 juta untuk 50 anggota DPRD. Berdasarkan informasi, Pengukuran baju untuk anggota dewan ini dilakukan di salah satu ruangan sekretariat DPRD Kabupaten Tangerang.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Rumah Tangga Sekretariat DPRD Kabupaten Tangerang Dede Supardi membenarkan, sebagian anggota DPRD terpilih sudah melakukan pengukuran pakaian untuk pelantikan yang akan digelar pada 7 Agustus mendatang.

Menurut Dede, anggaran pakaian dewan terpilih itu seharga Rp 3,9 juta untuk satu anggota DPRD Kabupaten Tangerang. “Pakaian untuk anggota dewan terpilih sudah disiapkan. Total anggarannya mencapai Rp 395 juta,” kata Dede kepada wartawan melalui telepon, Minggu (7/7).

Menurut Dede, pengukuran pakaian anggota DPRD akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap awal dari anggota DPRD yang saat ini masih menjabat dan terpilih lagi menjadi anggota DPRD periode 2019-2024. Sedangkan untuk anggota DPRD yang baru, masih menunggu keputusan dari KPU Kabupaten Tangerang. “Pengukuran anggota dewan pendatang baru akan dilakukan setelah pengumuman KPU,” tuturnya.

Dede menambahkan, selain mendapatkan stelan jas, para anggota DPRD juga akan mendapatkan seragam adat yang akan digunakan untuk peringatan HUT Kabupaten Tangerang. Pakaian adat anggota DPRD itu dilelang seharga Rp 4 juta per stel atau seharga Rp 200 juta untuk 50 anggota DPRD. Hanya saja, lanjut Dede, pelaksanaan pekerjaan pakaian adat ini dilakukan pada APBD Perubahan 2019. "Untuk lelangnya pakaian adat sudah dilakukan, tapi pelaksanaannya nanti di APBD Perubahan," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum Sekretaris DPRD Kabupaten Tangerang Muryati menjelaskan, para anggota DPRD Kabupaten Tangerang akan mendapatkan empat stel seragam. Yakni seragam pakaian dinas harian (PDH), pakaian sipil lengkap (PSL), pakaian sipil resmi (PSR) dan seragam pakaian adat Kabupaten Tangerang.

Hanya saja untuk tahun anggaran 2019, anggota DPRD Kabupaten Tangerang periode 2014-2019 telah mendapatkan dua seragam yakni PDH dan PSL. Sedangkan untuk anggota DPRD terpilih, akan mendapatkan dua seragam, yakni PSR dan pakaian adat.  "Tahun ini masih ada anggota DPRD periode 2014-2019 maka anggaran dibagi dua.

Yakni seragam PSL dan PDH untuk anggota DPRD periode sebelumnya. Sedangkan untuk anggota DPRD yang baru, akan mendapatkan PSR dan pakaian adat. Untuk tahun depan baru akan dialokasikan untuk anggta dewan periode 2019-2024," jelasnya.

Mengenai gaji, kata Muryati, anggota dewan untuk periode 2019-2024 tetap mengacu pada aturan sebelumnya yakni peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. “Gaji tetap sama, tidak ada kenaikan,” ujarnya.

Muryati menambahkan, selain gaji, anggota dewan akan mendapat tunjangan, diantarnya tunjangan transportasi, telekomunikasi, perumahan, keluarga, kehormatan dan representasi. Jadi total yang diterima anggota dewan setiap bulannya sekitar Rp 30 juta. “Nilai tunjangan ini, tergantung kemampuan daerah dan kepatutan yang ditentukan berdasarkan appraisal dari lembaga independen yang ditunjuk,” pungkasnya. (imron)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook