Belajar ke Australia, Jual Sapi Ratusan Ekor

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Senin, 08 Juli 2019 - 12:59:30 WIB   |  dibaca: 1791 kali
Belajar ke Australia, Jual Sapi Ratusan Ekor

SUKSES BETERNAK: Puluhan sapi milik Kepala Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu dalam proses penggemukan sebelum dijual, Minggu (7/7).

SERANG - Kepala Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu Irfan tidak hanya pandai dalam mengurus masyarakat yang dipimpinnya, namun juga sukses dalam berbisnis penggemukan sapi yang sudah lama ia geluti.

Bagi sebagian masyarakat mungkin belum begitu familiar dengan tempat penggemukan sapi yang ada di Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu.  Namun ternyata, penggemukan sapi yang berlokasi di Kampung Krandan, Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu tersebut setiap tahunnya menjual ratusan ekor sapi berbagai jenis seperti limosin, simental, brahman, peranakan ongole (PO), dan sapi bali.

Tempat penggemukan sapi dengan luas lahan kurang lebih sekitar 6.000 meter tersebut merupakan milik Irfan, Kepala Desa Terate yang digelutinya sejak 2009 silam. “Pak Kades sudah cukup lama usaha penggemukan sapi ini dan bisa dibilang cukup berhasil. Cuman Pak Kadesnya kebetulan lagi enggak ada,” kata Khotibul Umam, Sekretaris Desa (Sekdes) Terate, Minggu (7/7).

Irfan merupakan alumni Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung jurusan produksi ternak sehingga begitu menguasai dalam bidang peternakan. Tidak hanya itu, Irfan juga pernah studi untuk mengembangkan usahanya tersebut ke Armidale New England Livestock Selling Facility, Australia yang dibiayai oleh Kementerian Pertanian beberapa tahun yang lalu.

“Sapi yang dijual di sini sapi berkualitas semua. Untuk penggemukannya bukan hanya mau Idul Adha saja tapi setiap hari. Kalau untuk penjualan sudah kemana-mana seperti ke perusahaan, ada juga dari Mabes Polri. Tahun kemarin yang terjual ratusan ekor,” ujarnya.

Umam mengungkapkan, sapi-sapi yang digemukan di kandang Irfan didatangkan dari berbagai daerah dan merupakan sapi-sapi yang berkualitas dan kondisinya benar-benar sehat. “Sebenarnya yang digemukan tidak hanya sapi saja tapi ada kerbau, dan juga kambing, karena biasanya suka ada yang pesan selain sapi,” tuturnya.(TANJUNG)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook