Kemenkumham RI Gandeng Universitas Terbuka

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Rabu, 10 Juli 2019 - 12:18:02 WIB   |  dibaca: 235 kali
Kemenkumham RI Gandeng Universitas Terbuka

TANDA TANGAN : Rektor Universitas Terbuka Ojat Darojat disaksikan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly menandatangani kerjasama di bidang peningkatan SDM, di Gedung Politeknik Imigrasi dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Kota Tangerang, Selasa (9/7).

KOTA TANGERANG - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerjasama dengan Univeristas Terbuka.

Penandatangan perjanjian kerjasama itu untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) itu langsung dilakukan oleh Menteri Hukum dan HAM, Yosanna H Laoly dan Rektor Univeristas Terbuka, Prof Ojat Darojat di Gedung Politeknik Imigrasi dan Politeknik Ilmu Kemasyarakatan, Kelurahan Sukaasih, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Selasa (9/7).

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mengatakan, Kemenkumham sangat terbuka dalam menjalin kerjasama dengan pihak kampus. Pada kesempatan ini, Kemenkumham resmi bersinergi dengan Univeristas Terbuka untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) di Kemenkumham. “Dengan kerjasama ini, SDM di Kemenkumham bisa mampu bersaing dengan SDM di kementerian lainnya dan SDM di swasta,” kepada wartawan usai penandatangan kerjasama.

Yasonna mengaku, sangat antusias untuk mengadakan kerjasama dengan Univeristas Terbuka dan univeristas lainnya. Selain kerjasama pengembangan SDM juga bisa bisa berupa pertukaran narasumber dan kelompok pakar, seminar, focus group discusion (FGD), studi banding mahasiswa, penyuluhan hukum dan peningkatan kesadaran hukum.

“Seperti kita ketahui UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, mengamanatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni kewajibann perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut tentu dibutuhkan kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat mengatakan, Universitas Terbuka sebagai pionir dalam pendidikan tinggi terbuka jarak jauh (PTTJJ) melalui penyelenggaraan online, mampu menjangkau seluruh masyarakat Indonesia untuk mengakses pendidikan tinggi tanpa batas ruang dan waktu.

Maka dari itu, pihaknya terus melebarkan sayap melalui kerjasama dengan perguruan tinggi negeri maupun swasta serta mitra dari berbagai instansi untuk peningkatan penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi dan online learning. "Kerjasama ini adaah hal yang positif dalam peningkatan sumber daya manusia, khususnya pada wilayah Banten, terutama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakatnya," katanya.

Direktur Universitas Terbuka Serang, Maman Rumanta menambahkan, kerjasama Univeristas Terbuka dengan Kanwil Kemenkumham Banten untuk meningkatan SDM sudah berjalan dengan baik. Saat ini, kata dia, dilanjutkan kerjasama dilakukan dengan Kemenkumham RI. "Tahun depan, Univeristas Terbuka membuka Program S3. Jadi bagi ASN di Kemenkumham ingin melanjutkan bisa ke Universitas Terbuka. Selain itu, Univeristas Terbuka juga terbuka bagi ASN Kemenkumham untuk melanjutkan program S1 dan S2,” pungkasnya. (imron).

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook