Posyantek Kecamatan Diminta Petakan Potensi Kelurahan

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 11 Juli 2019 - 11:08:01 WIB   |  dibaca: 96 kali
Posyantek Kecamatan Diminta Petakan Potensi Kelurahan

DISKUSI : Posyantek kecamatan berdisikusi dengan narasumber soal pemetaan potensi kelurahan, dalam acara pembinaan yang digelar Dinsos Cilegon, Rabu (10/7).

CILEGON - Delapan Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) kecamatan mengikuti pembinaan penguatan pengurus dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon di salah satu hotel, Rabu (10/7).

Dalam pembinaan tersebut Posyantek kecamatan diminta melakukan pemetaan potensi kelurahan, sehingga dalam pemanfaatan dan pengelolaan anggaran Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan (DPWKel) yang akan dikelola Posyantek kelurahan tepat sasaran.

Kepala Seksi (Kasi) Teknologi Tepat Guna (TTG) Dinsos Kota Cilegon, Hadi Haryadi Syahtar, menjelaskan, kedudukan Posyantek kecamatan sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasnmigrasi (Permen-DPDTT) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Pengembangan dan Penerapan TTG Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA), posisinya menjadi pembina untuk tingkat kelurahan.

Dengan wewenang tersebut, diharapakan bisa membina dengan menggali potensi kelurahan yang bisa digarap oleh Poyantek kelurahan.“Sesuai Permen DPDTT Posyantek harus dibuat sampai kelurahan. Untuk bisa mengembangkan potensinya, maka kecamatan diharapkan bisa menggali potensi masing-masing kelurahan yang bisa dikembangkan,” kata Hadi kepada Banten Raya usai memberikan laporan pelaksana pembinaan Posyantek, Rabu (10/7).

Saat ini, kata Hadi, Posyantek kecamatan juga memiliki potensinya sendiri, diantaranya Posyantek Kecamatan Jombang dengan penguatan kelembagaanya, Posyantek Kecamatan Ciwandan dengan kemitraanya dengan industri, serta Posyantek Kecamatan Cibeber dengan pengambangan alat berteknologi.

“Semuanya memiliki ciri khas, hal ini yang harus mampu diturunkan ke tingkat kelurahan, Jombang kelembagaannya sangat baik, sehingga dipakai sebagai narasumber Posyantek, Ciwandan kemitraan dengan industrinya sangat baik dan Cibeber karena banyak insinyur maka pengembangan alat yang diperkuat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon, Dien Ras menyatakan, kedepannya Posyantek kelurahan akan diberikan anggaran Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan (DPWKel), sehingga untuk memastikan dana tersebut bisa efektif dan berjalan programnya, maka Poyantek harus diarahkan untuk berkembang dengan potensi yang tepat.“Kami ingin Poyantek kelurahan programnya bisa berkelanjutan. Sebagaimana kecamatan juga bisa juara 1 tingkat nasional,” ungkapnya.

Dien Ras menyampaikan, pembinaan tersebut juga untuk memperkuat kembali kelembagaan serta kepengurusan Posyantek kecamatan. Sebab, kedepannya akan melakukan pembinaan kepada Posyantek kelurahan.“Kami kuatkan kembali pemahaman dan keilmuan tentang Posyantek. Ini agar pembinaan kebawah bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook