Awalnya Jual Pakaian Murah, Kini Miliki 1.200 Karyawan

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 11 Juli 2019 - 13:59:36 WIB   |  dibaca: 197 kali
Awalnya Jual Pakaian Murah, Kini Miliki 1.200 Karyawan

SUKSES : Dede Rohana Putra di kantornya di PT Multi Group Holding Company.

CILEGON - Ganteng, kaya, banyak kawan. Itulah Dede Rohana Putra, pemilik PT Multi Group Holding Company. Tak banyak yang tahu, apa yang dicapainya saat ini buah dari kerja keras dan pengorbanan yang tak sedikit.

Pria murah senyum yang lahir pada 5 Agustus 1985 tersebut tumbuh besar di wilayah Kabupaten Serang. Ia menyelesaikan SD Negeri Lebak I Ciomas, SMP Negeri I Ciomas, dan MA Al Hidayah Ciomas, Kabupaten Serang.

Petualangan hidup Dede dimulai saat ia duduk di bangku kuliah. Usai menamatkan MA, Dede melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Al Khairiyah Cilegon dengan mengambil jurusan Sumber Daya Manusia dengan Konsentrasi Studi Pemasaran di tahun 2004.

Semasa di STIE Al Khairiyah, Dede membiayai kuliahnya sendiri. Ia tidak bisa mengandalkan pemberian orang tuanya karena keterbatasan yang ada. “Saya berfikir usaha sejak awal kuliah, karena saat itu untuk mencukupi kebutuhan kuliah itu cukup besar biayanya. Sementara, saya tidak ingin sepenuhnya menggantungkan kebutuhan kuliah ke orang tua,” kata Dede kepada Banten Raya, belum lama ini.

Awal menjalankan usaha, Dede menjualkan pakaian milik orang. Ia mengambil keuntungan dari penjualan pakaian murah yang dijual kepada teman di kampusnya dan warga di sekitar kampus Al Khairiyah. “Saya awal jualan itu, pakaian murah saya ambil dari Bandung ada yang ngenalin, jualin saja ntar disetorin ke pemilik barang. Jadi tidak pakai modal awal usaha,” ungkapnya.

Setelah mendapat keuntungan dari hasil jualannya, Dede mencoba mengembangkan usahanya ke barang lain seperti sepatu, jaket, dan yang lainnya. Usahanya terus berkembang, dan bisa membiayai kuliahnya. “Saya dulu, kalau Jumat sore berangkat ke Bandung naik bus umum, ambil barang, terus Sabtu sampai Bandung belanja pakaian murah. Sabtu sore atau Minggu balik lagi ke Cilegon, biar Senin bisa kuliah lagi sambil jualan,” katanya.

Dede terus berjualan berbagai macam pakaian hingga lulus kuliah. Ia tetap bisa lulus dalam waktu empat tahun meski di sela kuliahnya, sibuk untuk berjualan. Dede mengaku terus melakukan bisnis jual beli pakaian hingga akhir masa kuliah sekitar tahun 2008. “Setelah lulus kuliah, saya terus berbisnis hingga bisa membeli kendaraan pribadi. Dan saya berusaha ke bidang lain rental mobil,” tuturnya.

Dede tak lelah untuk terus melakukan berinovasi dalam bisnisnya. Ia kemudian membeli kendaraan niaga untuk mengembangkan usahanya di bisnis angkutan barang. “Awalnya hanya satu truk, kemudian berkembang-berkembang terus, sampai saat ini sudah lebih dari 120 truk dan 20 unit alat berat,” ungkapnya.

Dede menjelaskan, bisnisnya mengalami lonjakan di tahun 2012. Saat itu, Ia mulai mengembangkan usaha jasa angkutan barang dan rental alat berat. Sampai saat ini, sudah ada 1.200 karyawan yang bekerja di bawah naungan usahanya. “Kami sangat bersyukur dukungan orang tua dan teman-teman di sekitar yang mendukung usaha saya,” terangnya.

Pada tahun 2012, Dede berhasil menyelesaikan S2 di Universitas Nasional Jakarta. Dede juga mulai aktif di organisasi kepartaian. Ia aktif di Partai Amanat Nasional (PAN) dan saat ini menjadi Bendahara DPW PAN Banten. Ia juga menjadi calon anggota DPRD Provinsi Banten terpilih dapil Cilegon. “Sambil berbinsis juga sambil berpolitik,” ujarnya.

Dede mengaku terus akan melakukan inovasi dalam usahanya, agar tidak tergerus oleh zaman. Ia juga berpesan kepada para pengusaha muda untuk terus berinovasi di era digital. “Namanya usaha saya juga pernah merugi, karena ada pesanan pakaian tidak bayar waktu kuliah. Tapi, jangan sampai menyerah dengan rintangan yang dihadapi setiap pengusaha,” tutupnya. (AINUL GILLANG)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook