Vivi Gugat Suara Rizki

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Jumat, 12 Juli 2019 - 11:33:05 WIB   |  dibaca: 212 kali
Vivi Gugat Suara Rizki

WAWANCARA: Vivi Sumantri Jayabaya saat diwawancara wartawan terkait gugatan ke MK, kemarin.

RANGKASBITUNG- Caleg DPR RI Vivi Sumantri Jayabaya menggugat hasil keputusan KPU Banten atas kemenangan Rizki Aulia Rahman Natakusuma sebagai caleg DPR RI terpilih di daerah pemilihan (dapil) Banten I meliputi Lebak-Pandeglang.

Gugatan tersebut dilayangkan Vivi kepada Mahkamah Konstitusi (BK) karena tidak menerima hasil penghitungan suara Rizki yang merupakan anak kandung Bupati Pandeglang Irna Narulita memperoleh lebih banyak darinya yang sama-sama dari Partai Demokrat.

"Gugatan Vivi sudah masuk MK. Dengan perkara nomor 54-14-16/PHPU.DPR-DPRD/XVIII/2018 merupakan perkara selisih internal Partai Demokrat," kata Kuasa Hukum Partai Demokrat Natalie Sahetapy, Kamis (11/7).

Natalie menjelaskan, pemohon gugatan perselisihan hasil pemilihan umum adalah Vivi Sumantri Jayabaya selaku caleg dan anggota aktif DPR RI dari Partai Demokrat. "Mahkamah Konstitusi (MK) secara resmin sudah menyidangkan perkara hasil pemilihan umum. Salah satu dalil pokok-pokok permohonan, bahwa pemohon menemukan selisih suara siginifikan berdasarkan hasil penyandingan data C1 dan DAA1, kami menemukan selisih suara sebanyak 3000 suara," katanya.

Selisih suara ditemukan di 26 kecamatan 68 desa dan kelurahan, dan 137 TPS di Kabupaten Pandeglang. Selain selisih suara, pemohon juga menduga adanya penggiringan aparatur desa di Kabupaten Pandeglang.

"Penggiringan apararur desa untuk memenangkan caleg Partai Demokrat nomor urut 2 yakni Rizki Aulia Rahman Natakusumah. Atas dasar itu maka pelaksanaan pemilu di Kabupaten Pandeglang tidak menjamin asas pemilu yang jujur dan adil karena tindakan pelanggaran yang sistematis, terstruktur, dan massif," katanya.

Sementara itu, Vivi Sumantri Jayabaya menuturkan bahwa dirinya melayangkan gugatan karena ingin mencari keadilan. "Saya hanya mencari keadilan secara konstitusional untuk memperjuangkan suara masyarakat yang diamanahkan. Suara seharusnya untuk saya yang tiba-tiba hilang begitu saja," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook