Dana Hibah Lembaga Keagamaan Cair

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Jumat, 12 Juli 2019 - 11:43:55 WIB   |  dibaca: 188 kali
Dana Hibah Lembaga Keagamaan Cair

BERIKAN PENGARAHAN : Sejumlah perwakilan lembaga keagamaan menyimak acara sosialisasi pencairan dana hibah di oproom Setda Pandeglang, Kamis (11/7).

PANDEGLANG - Pemkab Pandeglang akan memulai proses pencairan dana hibah untuk 20 lembaga keagamaan senilai Rp262 juta pada bulan Juli. Kini Pemkab tengah melengkapi semua berkas terkait pencairannya.

Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Pandeglang Samsudin mengatakan, pihaknya sedang menyelesaikan semua kebutuhan untuk proses pencairan hibah lembaga keagamaan, baik pondok pesantren, masjid, musola dan majelis taklim.

"Kita sekarang lagi pengarahan persiapan-persiapan dan penandatanganan NPHD (naskah perjanjian hibah daerah) bersama perwakilan lembaga keagamaan," kata Saprudin, ditemui usai sosialisasi tahapan pencairan dana hibah di Oproom Setda Pandeglang, Kamis (11/7).

Agar proses pencairan bisa berjalan lancar, kata dia, pihaknya kini sedang mempersiapkan seluruh hal yang bersifat administratif. Mengingat pencairan dana hibah harus diusulkan terlebih dahulu melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD). "Nanti kita diajukan dulu ke BPKD. Sedangkan mekanisme pencairan akan dikirim langsung ke rekening penerima selama tujuh hari," imbuhnya.

Adapun proses pencairan dana hibah, kata Samsudin, baru akan dilakukan setelah proses verifikasi rampung yang ditargetkan selesai pada Juli. Jika sebelumnya pencairan dana akan dilakukan secara bertahap, kini akan diberikan sekaligus."Tinggal tergantung dari kesiapan administrasi saja, mudah-mudahan bulan ini sudah bisa dicairkan," ungkapnya.

Samsudin memastikan, dana hibah yang disalurkan bagi lembaga keagamaan digunakan sesuai aturan. Untuk memastikan dana itu efektif, dia mengaku akan turun ke lapangan melakukan pengawasan. "Nanti kalau dana ini sudah diberikan, kita akan melakukan monitoring, kita pastikan dana hibah ini digunakan untuk pembangunan," ujarnya.

Dijelaskannya, masing-masing lembaga keagamaan akan menerima dana hibah secara berbeda-beda. "Dari total anggaran dana hibah Rp262 juta nanti setiap lembaga mendapatkan bantuan bervariatif, mulai dari Rp5 juta sampai Rp25 juta disesuaikan dengan persentase pembangunan yang sedang dilaksanakan," jelasnya.

Staf Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Pandeglang Jaenudin menuturkan, kegiatan sosialisasi dana hibah bertujuan untuk persiapan pencairan dan memberikan pengetahuan bagi lembaga keagamaan agar dana hibah digunakan sesuai peruntukannya. "Kita hanya berikan pengarahan persiapan pencairan dana hibah supaya dipakai untuk kegiatan yang efektif," tuturnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook