Ratusan Mahasiswa KKM Dapat Pembekalan

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 12 Juli 2019 - 11:47:21 WIB   |  dibaca: 404 kali
Ratusan Mahasiswa KKM Dapat Pembekalan

MATERI: Salah seorang pembicara menyampaikan materinya mengenai KKM Revolusi Mental, dalam kegiatan pembekalan kuliah kerja mahasiswa (KKM) Untirta di Aditorium, kemarin.

SERANG - Ratusan mahasiswa Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang menjadi peserta kuliah kerja mahasiswa (KKM), mendapatkan pembekalan revolusi mental dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), di Auditorium Gedung B, Kamis (11/7).

Ketua LPPM Untirta, H. Benny Irawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan KKM merupakan kegiatan dari program pengabdian kepada masyarakat , yang merupakan salah satu program wajib  dilaksanakan, baik oleh dosen maupun mahasiswa yang berlandaskan pada kompetensi akademik, jiwa kewirausahaan, profesional.

Katanya, output dari program KKM salah satunya adalah dapat menghasilkan program pengabdian masyarakat yang bermutu relevan dan sinergis dengan cara peningkatan pemberdayaan masyarakat."Hal ini sesuai dengan Undang-undang RI tentang sistem pendidikan nasional," kata Benny kepada ratusan peserta KKM yang hadir.

Ia melaporkan KKM pada Tahun 2019 ini terdiri dari beberapa jenis, yang diikuti oleh mahasiswa Untirta. Yaitu KKM Kebangsaan dilaksanakan di Universitas Khairun Ternate Selatan dari tanggal 19 Juli sampai dengan 21 Agustus 2019 diikuti oleh 5 mahasiswa Untirta.

Kemudian, KKM Bersama BKS PTN Barat yang dilaksanakan di Universitas Sumatera Utara, Medan yang diikuti oleh 5 mahasiswa Untirta. KKM Tematik dilaksanakan di Kabupaten Serang terhitung tanggal 19 Juli sampai dengan 19 Agustus 2019, dengan jumlah peserta 1.145 mahasiswa.

"Sebanyak 1.145 peserta KKM Tematik akan didistribusikan ke 74 desa di Kabupaten Serang. Adapun tema untuk wilayah Kabupaten Serang adalah “Implementasi Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ( PAMSIMAS)," ungkapnya.

Peserta KKM di Kota Serang, lanjutnya, sebanyak 120 mahasiswa yang terdistribusi pada delapan kelurahan yang tersebar di 4 kecamatan dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Berbudaya Dalam Meningkatkan Perekonomian Menuju Serang Yang Berdaya saing”.

Masih kata Benny, KKM yang berada di Kabupaten Pandeglang sebanyak 600 mahasiswa yang terdistribusi  pada 40 desa yang tersebar pada 9 kecamatan dengan tema “Menggali Potensi Desa Dengan Mengoptimalisasi Peran BUMDes Menuju Desa Mandiri".

Untuk KKM Kabupaten Lebak sebanyak 345 mahasiswa yang terdistribusi di 23 desa yang tersebar di 2 kecamatan dengan tema “Menggali Potensi Desa Dengan Meningkatkan Produktivitas Perekonomian Daerah Menuju Desa Mandiri".

Di lokasi yang sama, Rektor Untirta, H. Sholeh Hidayat dalam sambutannya menilai pembekalan ini sangat penting terutama narasumber dari luar dan mereka punya program kegiatan yang bisa diimplementasikan di desa.

Pakar pendidikan di Banten ini berharap, peserta KKM untuk menjaga kekompakan dan bekerjasama. "Saya juga mengimbau kepada peserta KKM untuk menjaga kehormatan nama baik Untirta, pribadi masing-masing dan menjaga kesehatan," ucapnya. (satibi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook