70 Pelajar Asal Papua Sekolah di Banten

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 12 Juli 2019 - 13:12:38 WIB   |  dibaca: 386 kali
70 Pelajar Asal Papua Sekolah di Banten

PROGRAM ADEM: Sejumlah pelajar dari Provinsi Papua yang mengikuti program ADEM sangat antusias dalam prosesi serah terima dari pemerintah pusat ke Pemprov Banten, kemarin.

SERANG - Pemerintah Provinsi Banten tahun ini kembali menerima 70 pelajar asal Provinsi Papua untuk bersekolah pada jenjang pendidikan SMA dan SMK di Banten. Para pelajar ini, merupakan peserta dalam Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) yang digalang oleh Pemerintah Pusat.

Menurut Arkani, Kepala Bidang Pendidikan Khusus, pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten, jumlah peserta yang mengikuti Program ADEM tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun kemarin."Kalau tahun kehamrin hanya 68 pelajar asal papua yang mengikuti Program ADEM, sedangkan tahun ini sebanyak 70 pelajar," kata Arkani kepada Banten Raya, kemarin.

Ia menjelaskan, dari 70 pelajar tersebut berasal dari tiga cluster yaitu Jayapura, Manokwari dan Sorong. Mereka akan bersekolah pada jenjang pendidikan SMA dan SMK yang tersebar di Provinsi Banten."Untuk biaya pendidikan, biaya hidup dan penginapan ditanggung oleh negara. Mereka tinggal belajar dan bersekolah tidak perlu memikirkan biaya," ucap Arkani.

Arkani mengaku, prosesi serah terima dari Papua ke Banten langsung dipimpin oleh Direktirat Pembinaan Pendidikan Khusus, dengan Kepala Dindikbud Banten. Usai dilakukan serah terima, para pelajar ini langsung didistribusikan ke sekolahnya masing-masing sesuai dengan penepatan."Jika sekolah memiliki asrama, maka peserta Program ADEM akan tinggal di asrama. Namun jika tidak ada, maka akan tinggal di rumah guru dan sudah dibiayai oleh negara," ungkapnya.

Menurutnya, Provinsi Banten kembali menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan pendidikan masyarakat Papua.“Alhamdulilah Banten dipercaya untuk memecahkan persoalan ketertinggalan di Papua. Selain Provinsi Banten, adalagi sejumlah provinsi yang mengikuti program ADEM ini,” kata Arkani.

Setiap tahun, lanjutnya, Banten menjadi destinasi dalam program ADEM dan lulusan dari Provinsi Banten bisa masuk ke perguruan tinggi yang bagus di Indonesia, seperti IPB, Untirta dan perguruan tinggi lainnya."Para peserta Program ADEM ini ditempatkan di 23 sekolah yang tersebar di delapan kabupaten/kota se-Banten. Alhamdulilah peserta ADEM terbaik berasal dari Provinsi Banten,” imbuhnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook