Pembebasan Lahan PSN Diklaim Rampung 90%

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 12 Juli 2019 - 13:24:10 WIB   |  dibaca: 140 kali
Pembebasan Lahan PSN Diklaim Rampung 90%

TERUS PANTAU: Gubernur Banten Wahidin Halim (tengah) saat memimpin rapat progres pelaksanaan PSN di Banten, di Serpong Town Square, Kota Tangerang, Kamis (11/7).

SERANG- Pemprov Banten mengklaim jika progres pembangunan 13 proyek strategis nasional (PSN) di Banten telah mencapai 60 persen untuk fisik dan 90 persen untuk pembebasan lahan. Pemerintah kabupaten/kota pun kini diminta untuk terus menyelaraskan program kerjanya agar proyek tersebut bisa cepat selesai."Semua (PSN) masuk prioritas kita dan tadi kita tanya rata-rata secara umum progres secara fisik sudah 60 persen dan lahan 90 persen.

Akan terus kami dorong agar realisasinya semakin meningkat dan dapat segera dirasakan oleh masyarakat," ujarnya kepada awak media usai memimpin rapat progres PSN, di Serpong Town Square, Kota Tangerang, Kamis (11/7).

Mantan Walikota Tangerang itu menuturkan, dari total 227 PSN dengan 26 sektor, 13 di antaranya yang terdiri dari 7 sektor berlokasi di Banten. 13 PSN itu adalah pembangunan Bendung Sindangheula dan Karian, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

Kemudian, pembangunan lima ruas jalan tol, pembangunan jalur kereta api dan pembangunan pembangkit listrik tenaga asal sampah. Lalu pembangunan kawasan industri Wilmar, pembangunan tanggul laut dan percepatan infrastruktur pendukung kawasan pariwisata. Keseluruhan PSN itu ditargetkan selesai pada 2022 mendatang."Tadi semua kita evaluasi bersama dengan bupati/walikota yang berwenang pada jalur-jalur lokasi tempat PSN dilakukan. Kita bahas solusinya bagaimana agar progresnya semakin baik," ungkapnya.

Sekda Banten Al Muktabar mengatakan, dalam rangka merespon PSN di Banten, maka kerangka manajemen adminsitratif yakni pemerintah daerah harus dapat memastikan agar PSN berjalan  sehingga perlu memposisikan siapa bertanggungjawab apa."Kami sudah mereview PSN berbasis penlok (penetapan lokasi) yang kita sisir. Kami tidak ingin ada hambatan di adminsitrasi provinsi dan kabupaten/kota. Maka, kami juga terus upayakan komunikasi dengan nasional bagaimana percepatan ini dapat selesai sesuai target," katanya.

Dalam kesempatan itu juga ditekankan agas PSN bisa sering seirama dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) provinsi dan kabupaten/kota. Tugas gubernur sebagai wakil pemerintah pusat akan terus melakukan review administrasi, fisik dan keuangan agar harmonisasi cepat dilaksanakan sesuai target."Beberapa yang diriview termasuk jika hambatan yang sifatnya nasional, maka akan kita carikan solusinya secara bersama-sama," tegasnya.

Di tempat yang sama, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengapresiasi langkah pemprov yang terus melakukan riview atas progres PSN. Melalui rapat tersebut pihaknya bisa melakukan koordinasi dan mencari solusinya secara langsung. Sebab, rapat dihadiri oleh pemerintah kabupaten/kota lainnya, pemprov dan juga perwakilan dari pemerintah pusat."Sebenarnya secara umum kendala administratif dari pemerintah pusat dan Pemprov saya yakin mampu memberikan solusi terbaik," ujarnya. (dewa)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook