Walikota: Rangking Tak Menentukan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 12 Juli 2019 - 14:54:31 WIB   |  dibaca: 141 kali
Walikota: Rangking Tak Menentukan

WAWANCARA: Walikota Serang Syafrudin memberikan keterangan kepada wartawan terkait lelang jabatan, di kantor Disdukcapil Kota Serang, Kamis (11/7).

SERANG- Peringkat atau rangking yang diberikan kepada para pejabat yang ikut dalam proses lelang jabatan (open bidding) tidak akan secara otomatis membuat mereka terpilih sebagai kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Pejabat yang memiliki skor kecil pun bila dianggap mampu akan dipilih oleh walikota menjadi kepala dinas.

Walikota Serang Syafrudin mengatakan, berdasarkan rencana panitia seleksi (pansel) kemarin nama-nama pejabat yang mengikuti lelang jabatan (open bidding) yang masuk tiga besar akan diserahkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Setelah diseleksi, nama-nama yang masuk tiga besar itu akan dikembalikan ke dirinya untuk kemudian dipilih satu.“Pemilihan itu (kepala OPD) adalah kebijakan. Rangking tidak menentukan,” kata Syafrudin, Kamis (11/7).

Hadir mendampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informtika Hari Pamungkas, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmirasi Akhmad Benbela, Asda I Kosasih, dan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Hudori KA. Mereka semua adalah peserta lelang jabatan.

Syafrudin mengumpakan bila Hari Pamungkas memiliki skor paling tinggi sehingga berada di nomor urut 1, sementara Hudori di nomor 2, dan Kosasih di nomor 3, bisa saja Kosasih yang akan dipilih. Karena itu ia akan menggelar musyawarah bersama bahkan dengan melibatkan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Kota Serang. Meski pun, menurutnya, baperjakat tidak memiliki hak untuk ikut campur.“Supaya tepat. Kalau memutuskan sendiri kalau ada masalah nanti ditanggung sendiri,” kata Syafrudin lalu tertawa.

Syafrudin menyatakan, secara pribadi ia ingin agar KASN segera menyuratinya sehingga ia bisa dengan cepat memutuskan siapa yang cocok menjadi kepala OPD dan segera melantik mereka. Ia berharap karena nama tiga besar sudah dikirimkan berharap pada Senin nanti balasan dari KASN sudah bisa diterima olehnya. “Mudah-mudahan sudah ada berita (kabar) Senin,” ujarnya.

Syafrudin menyatakan yang akan dipilih adalah pejabat yang punya inovasi yang tidak hanya mau didorong oleh walikota melainkan memiliki inisiatif dan kreatifitas sendiri. Bila berada di OPD pelayanan, maka harus bisa memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat.

Ketua Pansel RA Beny Syahbandar mengatakan, 33 nama pejabat yang melenggang ke babak tiga besar telah dinyatakan memenuhi syarat dan mendapatkan rangking yang baik. Nama-nama ini sudah fiks dan sudah tidak bisa diganti lagi.“Kecuali menurut KASN ada kesalahan,” katanya. (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook