Pabrik Palstik Terbakar di Kosambi

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Jumat, 12 Juli 2019 - 14:57:02 WIB   |  dibaca: 275 kali
Pabrik Palstik Terbakar di Kosambi

PADAMKAN API: Sejumlah karyawan dan warga mencoba memadamkan api yang membakar pabrik plastik di kawasan pergudangan 99 Blok I, No 20, Kecamatan Kosambi, kemarin.

TANGERANG- Pabrik plastik milik PT Budi Karya Agung yang berada di kawasan Pergudangan 99 Blok I, Nomor 20, Desa Cengklong, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, ludes dilalap si jago merah, Kamis (11/7). Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran hebat tersebut. Namun seluruh bangunan bangunan tersebut hangus.

Bedasarkan informasi yang dihimpun, api muncul pertama kali dari mesin produksi merebet ke bangunan pabrik belakang yang tersimpan bahan baku pabrik mudah terbakar. Akibatnya api dengan cepat membesar.

Salah satu saksi mata, Anggi mengatakan, kebakaran di pabrik plastik itu menimbulkan kepanikan para pekerja di kawasaan itu, hingga berhamburan dari dalam pabrik untuk menyelamatkan diri. Menurutnya, warga sekitar pabrik mencoba untuk memadamkan api dengan peralatan sederhana.

Namun, upaya itu tidak berhasil karena api dengan cepat membesar. “Api pertama kali muncul di ruang produksi. Saat meyambar ruang belakang pabrik, api cepat membesar,” kata Anggi, Kamis (11/7).

Anggi menambahkan, api yang membakar pabrik plastik itu bisa dipandamkan setelah dua mobil pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Tangerang turun ke lokasi. “Api sudah padam. Saat ini, petugas Damkar sedang melakukan pendinginan,” ujarnya.

Kapolsek Teluknaga AKP Dedi Herdiana menegaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Dia juga belum bisa memastikan jumlah kerugian, karena masih dalam proses pemeriksaan. "Korban jiwa tidak ada, kerugian belum bisa ditaksir," jelas Kapolsek.

Dedi menduga, penyebab kebakaran yang meludeskan PT Budi Karya Agung yang memproduksi plastik itu, karena adanya arus pendek listrik. "Dugaan sementara karena korsleting listrik," ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Regu (Danru) Damkar Kabupaten Tangerang Oni Sahroni mengatakan, banyaknya bahan mudah terbakar membuat api dengan cepat menghanguskan seluruh isi pabrik. Api baru dapat dijinakan setelah dua unit pemadam kebakaran dari Kabupaten Tangerang dikerahkan ke lokasi kejadian. “Untuk titik api masih dalam penyelidikan, dan belum diketahui dari mana api berasal,” ujarnya.

Oni menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. “Kerguian sedang dihitung. Tapi ditaksir kerugian mencapai jutaan rupiah,” katanya. (imron)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook