Rumah Nining Baru Dibangun di 2020

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Rabu, 17 Juli 2019 - 15:36:24 WIB   |  dibaca: 219 kali
Rumah Nining Baru Dibangun di 2020

PANDEGLANG - Bupati Pandeglang Irna Narulita merespons kondisi Nining, guru honorer di SDN Karyabuana 3, Kecamatan Cigeulis yang tinggal di samping toilet sekolah untuk segera mendapatkan bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

"Nanti pada APBD 2020 ibu Nining akan kita masukkan pada program RTLH atau BSPS. Selama 4 tahun kami sudah membangun rumah tidak layak huni sekitar 5.500 rumah," kata Irna, ditemui di Setda Pandeglang, kemarin (16/7).

Irna mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan kecamatan untuk membangun rumah Nining. "Ibu Nining akan dibangunkan rumah dalam waktu dekat ini dengan anggaran hasil iuran para pegawai pemda, sekolah dan kecamatan. Saya sudah instruksikan Camat Cigeulis (Engkos Kosasih) supaya ibu Nining segera dibangunkan rumah yang layak," ungkapnya.

Dijelaskannya, Nining sebetulnya tidak tinggal di toilet sekolah, namun ia dan keluarganya tinggal di samping toilet. "Ibu Nining bukanlah tinggal di dalam WC, tapi diberikan izin oleh kepala sekolah mendirikan warung sekaligus rumah di sebelah WC. Saya tegaskan ibu Nining bukan tinggal di WC, tapi bikin gubuk di dekat WC sekolah," jelasnya.

Menurutnya, menetapnya Nining di lingkungan sekolah bentuk perhatian dari sekolah. Mengingat rumah miliknya sudah rusak. "Rumah yang bersangkutan rusak, maka ibu Nining meminta izin kepada kepala sekolah untuk berjualan di sekolah sekaligus bertempat tinggal sementara di situ," ujarnya.

Irna menyarankan, meski Nining akan dibangunkan rumah, pihaknya memperbolehkan Nining untuk tetap berjualan di lingkungan sekolah. "Kalau ibu Nining masih mau bikin tempat jualan di sekitar sekolah gak apa-apa, itu bagus untuk dia jualan menambah penghasilan, tapi jangan dijadikan tempat tinggal cukup untuk jualan saja, nanti kalau dia tinggal di situ salah lagi. Semoga ini menjadi bahan koreksi untuk kita semua," imbuhnya.

Irna menilai, pemerintah saat ini selalu berupaya untuk mengangkat guru untuk menjadi PNS. Namun meski begitu, para guru harus mengikuti seleksi sesuai aturan. "Untuk honorer memang sudah menjadi isu nasional, diera sekarang ini tes CPNS haruslah berdasarkan kemampuan dan kompetensi. Sementara Ibu Nining usianya juga sudah melewati batas," terangnya.

Sekretaris Camat (Sekmat) Kecamatan Cigeulis Encep Hadikusuma mengatakan, saat ini sedang melakukan penggalangan dana untuk membangun rumah Nining. Setelah itu, pihaknya akan mendata Nining untuk diusulkan mendapatkan program rehabilitasi rumah. "Iya sekarang kami lagi galang dana buat bantu pembangunan rumah ibu Nining. Pasti nanti kita ajukan ke pemda supaya ibu Nining dapat bantuan RTLH atau BSPS," katanya. (yanadi)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook