Unbaja Canangkan Program Sekolah Sungai

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Kamis, 18 Juli 2019 - 12:54:29 WIB   |  dibaca: 266 kali
Unbaja Canangkan Program Sekolah Sungai

AUDENSI: Mahasiswa Teknik Lingkungan Unbaja saat beraudensi dengan Walikota Serang, Syafrudin, kemarin.

SERANG - Untuk mensukseskan Program Sekolah Sungai, mahasiswa Teknik lingkungan Universitas Banten Jaya (Unbaja) melakukan kunjungan ke Kantor Wali Kota Serang. Para mahasiswa tersebut didampingi oleh Kaprodi Teknik Lingkungan Unbaja, Ade Ariesmayana.

Menurut Ade, rombongan diterima langsung Walikota Serang dimana kunjungan ini bertujuan untuk mengenalkan Program Sekolah Sungai yang digagas mahasiswa Teknik Lingkungan Unbaja tentang Pengelolaan Sungai Berkelanjutan berbasis komunitas/partisipasi masyarakat.

"Program tersebut mensinergikan antara stakeholder pengelolaan sungai dari masyarakat, akademisi dan tentunya harus mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Serang," kata Ade usai melakukan kunjungan, kemarin.

Ia mengaku, Program Sekolah Sungai yang dipusatkan di Sungai Cibanten dan bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat dengan cara belajar langsung, agar dapat menyadari berbagai potensi bahaya sungai. Sehingga warga bisa melakukan antisipasi untuk pengurangan risiko bencana dengan cara melakukan pengelolaan sungai berkelanjutan.

“Kondisi Sungai Cibanten saat ini sangat memprihatinkan, sangat kotor serta dapat mengakibatkan penyakit kulit dan menurunnya daya guna air bagi masyarakat. Maka dengan program sekolah sungai ini, tidak hanya membuat sungainya menjadi bersih, juga memberikan pembelajaran pada masyarakat untuk cinta lingkungan,” ungkapnya.

Ade juga mengatakan, upaya yang dapat dilakukan selain memberikan sosialisasi kepada masyarakat  untuk melakukan pembersihan sungai, juga aksi penanaman pohon di sepanjang bantaran sungai, pengelolaan sampah dan teknologi tepat guna dengan membuat komposter, penggunaan goodybag sebagai pengurangan penggunaan sampah plastik serta mengelola sampai menjadi pakan ikan atau produk bermanfaat lainnya yang menjadi serangkaian kegiatan sekolah sungai tersebut.

Sementara itu, Walikota Serang Syafrudin mengatakan, kondisi Sungai Cibanten saat ini memang sangat memprihatinkan, dulu Sungai Cibanten merupakan ikon kejayaan dan kemakmuran masyarakat Banten kini terlihat kumuh akibat tumpukan sampah.

Syafrudin juga akan memberikan dukungan penuh terhadap Program Sekolah Sungai yang digagas oleh Teknik Lingkungan Unbaja yang bisa membuat Banten bersih, terlebih Program Studi Teknik Lingkungan Unbaja merupakan satu-satunya Prodi teknik lingkungan yang ada di Kota Serang dan terakreditasi B.

“Kami berharap dengan mahasiswa dari jurusan Teknik Lingkungan Unbaja untuk membuat perencanaan yang matang dan menyusun berbagai kebutuhan untuk Sekolah Sungai, baik dalam pengelolaan sampah atau program lainnya.

Kami percaya mahasiswa sebagai generasi muda, kaya akan kreatifitas dan dapat menjadikan kota Serang khususnya dapat terbebas dari sampah dan menciptakan Sungai Cibanten bersih bahkan dapat menjadikan sungai Cibanten sebagai Destinasi Wisata,” ujarnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook