Basarnas Bangun Pos SAR

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Jumat, 19 Juli 2019 - 10:51:17 WIB   |  dibaca: 254 kali
Basarnas Bangun Pos SAR

SILATURAHMI: Kepala Basarnas Banten M Zaenal Arifin (dua dari kiri) berbincang dengan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, di Pendopo Bupati Lebak, Kamis (18/7).

RANGKASBITUNG- Badan SAR Nasional (Basarnas) Banten akan membangun pos SAR di Kabupaten Lebak. Hal itu disampaikan Kepala Basarnas Banten M Zaenal Arifin kepada Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat menggelar pertemuan di Pendopo, Kamis (18/). Pertemuan itu dalam rangka meningkatkan sinergi penanganan musibah atau bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi di Kabupaten Lebak.

"Basarnas Banten akan membentuk atau membangun pos SAR di Kabupaten Lebak agar jika nantinya ada bencana atau musibah bisa lebih cepat menangani. Karena Lebak masuk zona rawan bencana," kata Zaenal Arifin.

Menurutnya, pembentukan atau membangun pos SAR di Lebak pertimbangannya lebih kepada mendekatkan pelayanan pertolongan kepada masyarakat. Kalau melihat posisi dan jarak tempuh antara kantor pusat Basarnas Banten di Kramatwatu, Kabupaten Serang, dengan Kabupaten Lebak sangat jauh, membutuhkan waktu berjam-jam. "Tapi dengan adanya pos SAR di Lebak lebih efektif dan lebih cepat melakukan penanganan bencana," katanya.

Zaenal mengatakan, rencana membangun pos SAR tersebut telah disampaikan langsung saat melakukan koordinasi dengan Bupati Iti. Dengan adanya koordinasi  diharapkan kedepan Pemkab Lebak dan Basarnas bisa lebih efektif menangani musibah atau bencana. "Supaya kedepannya jika ada musibah atau bencana kita bisa lebih efektif menanggulanginya. Karena sudah ada pos SAR," katanya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Lebak Eka Prasetiawan menuturkan, rencana pembangunan pos Basarnas disambut baik oleh Bupati Iti. Pembangunan posko Basarnas di  Kabupaten Lebak diharapkan dapat membantu pemkab dan masyarakat Lebak dalam penanganan bencana. "Ibu bupati mengapresiasi rencana tersebut dan akan segera mencari lahan yang tepat," katanya.

Eka menjelaskan, lahan yang tepat untuk pembangunan pos SAR kemungkinan lokasinya di wilayah selatan. Lokasi tepatnya di mana sementara ini belum ada keputusan. "Soal lahan, itu nanti tergantung kebijakan Ibu Bupati," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook