Ratusan Mahasiswa Untirta KKM di Lebak

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 19 Juli 2019 - 11:35:51 WIB   |  dibaca: 291 kali
Ratusan Mahasiswa Untirta KKM di Lebak

KKM: ASDA III Dedi Lukma menyematkan jaket almamater KKM kepada perwakilan peserta Kukerta Untirta, kemarin.

LEBAK - Kabupaten Lebak merupakan daerah konservasi, sebagian besar wilayahnya merupakan perkebunan dan hutan, sehingga tidak mudah untuk dijadikan area perindustrian seperti kabupaten/kota lain di Banten.

Hal tesebut disampaikan Asisten Daerah Administrasi Umum dan Kesra Sekretariat Daerah Lebak (ASDA III) Dedi Lukman, saat melepas Peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Tahun 2019 di Pendopo Sekretariat Daerah, Kamis (18/7).

Kata Dedi, Meskipun Lebak menjadi daerah konservasi, namun pemerintah terus berupaya memajukan Kabupaten Lebak agar lepas dari stigma kabupaten tertinggal. Salah satunya dengan mengembangkan sektor pariwisata, sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Lebak yaitu menjadikan Kabupaten Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal.

Dedi mengatakan, pemerintah sangat terbuka untuk mahasiswa yang ingin mengabdikan diri di Kabupaten Lebak dari tanggal 19 Juli hingga 19 Agustus mendatang. "Kabupaten Lebak 40% kategori masyarakatnya bisa dibilang kurang mampu. 60% mata pencahariannya bertani, karena Lebak dapat dikatakan cukup miris, karena jarak ke Ibu Kota Jakarta sekitar 90 km, akan tetapi masih dikategorikan sebagai kabupaten tertinggal," ujarnya.

Kendati demikian, kata Dedi, dengan segala keterbatasan yang dimiliki, Lebak mendapat banyak penghargaan dari berbagai pihak, seperti piala adipura yang baru-baru ini diraih Kabupaten Lebak.

Dedi mengatakan, masyarakat Lebak harus siap menerima perubahan yang cepat, agar tidak menjadi penonton di rumah sendiri. Maka dari itu, mahasiswa harus memiliki inovasi dan kreativitas.Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Untirta, H. Suherna mengungkapkan, ada sebanyak 260 peserta KKM yang akan diterjunkan ke 23 desa di kecamatan Warunggunung dan Cibadak.

Suherna mengatakan, mahasiswanya siap membantu Pemerintah Kabupaten Lebak untuk mendongkrak potensi yang ada di wilayah KKM masing-masing, sesuai dengan tema KKM di Kabupaten Lebak yaitu Pemberdayaan Ekonomi.

Dalam sambutannya, Suherma memohon support dari pemerintah daerah dan masyarakat sekitar, karena menurutnya mahasiswa tidak memiliki apa-apa, kecuali semangat dalam rangka mengekspresikan tri dharma perguruan tinggi yang dimiliki yaitu pengabdian masyarakat.“Tidak lagi kita membangun desa, tetapi bagaimana kita menggerakan masyarakat memberdayakan dirinya melalui potensi yang mereka miliki di dirinya sendiri,” kata Suherma.

Menurutnya, semangat mahasiswa untuk membangun masyarakat sangat tinggi, sehingga dirinya berharap mahasiswa KKM Untirta bersama-sama dengan masyarakat dapat membangun desa dengan memberdayakan ekonomi masyarakat. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook