500 Calon Mahasiswa Untirta Ikut Tes Kedokteran

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 19 Juli 2019 - 13:53:06 WIB   |  dibaca: 387 kali
500 Calon Mahasiswa Untirta Ikut Tes Kedokteran

MONITORING: Tim Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia saat melakukan monitoring persiapan Fakultas Kedokteran Untirta.

SERANG - Sebanyak 500 lebih calon mahasiswa Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), akan mengikuti tes masuk Fakultas Kedokteran Untirta, Jumat (19/7). Hal tersebut disampaikan Rektor Untirta Sholeh Hidayat.

Kepada Banten Raya, Rektor Untirta mengatakan, pelaksanaan tes tulis akan diikuti kurang lebih sebanyak 500 calon mahasiswa. Pelaksanaan tes tulis sendiri akan dilaksanakan di Kampus Untirta Pakupatan.

Adapun kisi-kisi pertanyaan tes tulis sendiri, lanjutnya, adalah kemampuan dasar dan IPA sesuai dengan kesepakatan antara tim penyusunan soal yang dilakukan oleh Tim Universtas Indonesia sebagai pengampu Fakultas Kedokteran dengan Tim Untirta."Dari 500 pendaftar ini, kami hanya menyaring 100 calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Untirta," ucap Sholeh Hidayat, Kamis (18/7).

Dari 100 calon mahasiswa yang berhasil lolos tes tulis, lanjut Rektor Untirta, akan mengikuti multiple mini interview yang juga akan dipimpin oleh Tim Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. "Kisi-kisi soal tes tulis, tes  multiple mini interview dan tim penilai dilakukan oleh Fakultas Kedokteran UI. 100 calon mahasiswa Fakultas Kedokteran tersebut akan memperebutkan 50 kursi yang tersedia, karena kuota untuk Fakultas Kedokteran Untirta hanya 50 mahasiswa," ucapnya.

Pakar pendidikan di Banten ini menambahkan, untuk pengumuman tes tulis akan langsung diumumkan pada Jumat (19/7) malam sekitar pukul 20.00 WIB. Sedangkan tes multiple mini interview akan dilaksanakan Tanggal Sabtu (20/5), dan pengumuman hasil tes multiple mini interview akan dilakukan bersamaan dengan hasil seleksi mandiri non Fakultas Kedokteran. "Pengumuman tes multiple mini interview akan dilaksanakan sekitar Tanggal 27 sampai dengan 28 Juli mendatang," ungkapnya.

Masih kata Rektor Untirta, sejumlah persiapan sudah dilakukan untuk melaksanakan tes tulis tersebut, diantaranya adalah mempersiapkan lokasi tes, menempel nomor meja tes dan tim pengawas pun sudah disiapkan. "Insya Allah dengan persiapan yang matang, tes tulis yang akan digelar besok (hari ini.red) akan berjalan dengan lancar," katanya.

Dalam kesempatan itu, Sholeh berharap, dengan sedikitnya kuota mahasiswa Fakultas Kedokteran yang tersedia, maka mahasiswa yang terpilih merupakan hasil seleksi yang ketat dan menghasilkan mahasiswa kedokteran yang unggul. "Tes masuk Fakultas Kedokteran akan lebih selektif, karena dari 500 peserta yang diterima hanya 50 mahasiswa Fakultas Kedokteran.

Semoga bisa menghasilkan mahasiswa yang berkualitas," ungkapnya. "Kegiatan perkuliahan akan berlangsung 1 September di Kampus Cilegon bersama-sama dengan  dua program studi baru yang dimiliki Untirta yaitu Ilmu Gizi dan Olahraga," imbuhnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook