Subro “Bondolan” Berangkat Haji Hari Ini

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 19 Juli 2019 - 14:30:43 WIB   |  dibaca: 162 kali
Subro “Bondolan” Berangkat Haji Hari Ini

NAIK HAJI: Subro Al Farizi ditemani istri mempersiapkan barang bawaanya untuk ibadah haji, di kediamanya Taman Ciruas Permain Blok B5, Desa Plawad, Kecamatan Ciruas, Kamis (18/7).

SERANG- Subro Al Farizi (31 tahun), penyanyi lagu Bondolan, hari ini akan berangkat menuju Mekah untuk menunaikan ibadah haji bersama jamaah haji lain asal Kota Serang. Jebolan Dangdut Academy Indosiar tahun 2014 lalu ini akan berangkat didampingi istrinya Rinalasari.

Saat diwawancara Subro mengatakan, ia dan istrinya mendaftarkan diri pergi haji pada tahun 2012. Ia bersyukur bisa berangkat tahun ini. Berhaji ia niatkan untuk menunaikan rukun Islam kelima. Keinginan untuk pergi haji sebetulnya sudah ada sejak kecil. Saat itu ia bermimpi ingin menyentuh Kabah dan masuk ke Masjid Nabawi di Madinah.

“Ternyata Allah mengumrohkan saya dan istri tahun 2016, dan tahun ini bisa haji,” kata Subro saat ditemui di kediamannya di Taman Ciruas Permain Blok B5 Nomor 1, Desa Plawad, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Kamis (18/7).

Pria kelahiran Lampung tahun 1992 ini mengatakan, ketika mendaftar haji saat itu ia tidak tahu kapan akan berangkat. Mengingat daftar antrean haji yang begitu panjang, yang terpikirkan hanya mendaftar saja dahulu.

Kapan berangkat, itu adalah urusan Allah SWT. Maka, ketika ia ditetapkan oleh kantor kementerian agama (kemenag) sebagai salah seorang jamaah haji yang berangkat tahun ini, ia tidak menyangka. “Saya enggak menyangka Allah memberikan karunia bisa melaksanakan ibadah haji bersama istri,” ujarnya.

Untuk mempersiapkan diri agar kuat menjalani ibadah haji selama di Tanah Suci, Subro mengaku rutin berolahraga di depan rumah dengan cara berjalan kaki. Ini dilakukan agar fisiknya tidak lemah ketika menjalankan ritual haji yang sebagian besar merupakan aktivitas fisik.

Latihan fisik itu dilakukan ketika ia sedang tidak memiliki undangan mengisi acara, baik di hajatan maupun di stasiun televisi. Maklum, jadwalnya bernyanyi cukup padat. Saat job sepi dalam seminggu ia akan mengisi acara selama tiga hari. Bila sedang ramai, ia bahkan harus meminta libur satu hari untuk istirahat.“Berlatih berjalan walau hanya satu putaran,” katanya.

Dari sisi spiritual, Subro juga mengaku berusaha lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Baginya ibadah haji adalah gambaran bagaimana manusia kelak ketika sudah meninggal dunia. Seperti saat wukuf di Padang Arafah menunjukkan bahwa nanti manusia akan dikumpulkan di Padang Mahsyar.

Rinalasari, istri Subro mengungkapkan, ia dan suaminya tercatat sebagai jamaah haji kloter 25 JKG dan akan berangkat sekitar pukul 05.00. Karena itu ia diminta oleh panitia agar sudah hadir di Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Serang di Kota Serang Baru (KSB) pada pukul 02.00. Ia pun mengaku akan berangkat pukul 01.00 atau paling lambat pukul 01.30 mengingat jarak antara rumah dengan KSB cukup dekat.

Diketahui, nama Subro mulai terkenal di Serang sekitar tahun 2008-2009 setelah CD berisi penampilannya menyanyikan lagu Bondolan di tempat hajatan masyarakat laku di pasaran. Nama Subro semakin bersinar saat ia tampil sebagai peserta audisi di Dangdut Academy tahun 2014. Saat ini, Subro masih kerap diundang stasiun televisi untuk bernyanyi bahkan menjadi juri audisi dangdut. Di sela-sela itu, ia juga masih kerap mengisi di acara-acara hajatan di kampung-kampung. (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook