Diskominfo Belajar Smart City ke Jakarta

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 19 Juli 2019 - 14:34:49 WIB   |  dibaca: 92 kali
Diskominfo Belajar Smart City ke Jakarta

BELAJAR: Suasana IISMEX Forum di Jakarta Convention Center (JCC), DKI Jakarta, Rabu (17/7).

Jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang belajar bagaimana mengembangkan Kota Serang menjadi Kota Cerdas dalam kegiatan Indonesia International Smart City Expo (IISMEX) Forum, di Jakarta Convention Center (JCC), DKI Jakarta, Rabu (17/7). Banyak informasi dan hal yang bermanfaat yang didapatkan setelah mengikuti kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini sangat kami butuhkan bagi pengembangan Kota Serang menuju Kota Cerdas. Apa yang disampaikan dalam forum Insya Allah akan kami terapkan sedikit demi sedikit nanti," ujar Pelaksana Tugas Kepala Diskominfo Kota Serang W Hari Pamungkas, Kamis (18/7).

Hari mengungkapkan, kegiatan ini akan menjadi bahan evaluasi bagi jajaran diskominfo untuk meningkatkan diri secara maksimal dalam mengembangkan teknologi seefektif dan seefisien mungkin untuk melayani masyarakat yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) sesuai dengan amanah perpres nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Karena itu yang dibutuhkan tidak hanya komitmen kepala daerah, melainkan juga kolaborasi dan sinergitas yang dituangkan dalam RPJMD. "Apalagi Diskominfo Kota Serang terhitung baru dua tahun setengah berjalan dalam mengembangkan program smart city," ujarnya.

Hari mengatakan bahwa Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla yang membuka acara IISMEX Forum saat itu mengatakan bahwa Smart City bukan hanya soal teknologi yang canggih tanpa didukung oleh kepala daerah yang memiliki kecerdasan. "Apa pun teknologinya, bagaimana pun hebatnya teknologi, tanpa kepala daerah yang cerdas, Smart City itu enggak akan terjadi," ujarnya.

Bagi Jusuf Kalla, kata Hari, percuma memiliki teknologi hebat tapi tidak diimbangi oleh perilaku masyarakat yang mendukung keberadaan teknologi itu. Baginya teknologi hanya alat, pemerintah dan sumber daya manusia lah yang harus cerdas dalam mengembangkan dan menggunakan teknologi itu secara baik."Jangan terpaku dengan teknologi karena teknologi itu hanya alat. Anda yang harus cerdas. Semua itu akan tercapai oleh pemimpin yang baik, yang cerdas, dan yang dapat mensejahterakan masyarakatnya," tuturnya.

Acara IISMEX Forum diinisiasi oleh kementerian dalam negeri (kemendagri) berlangsung selama Rabu (17/7) sampai Jumat (17/7). Acara itu mendatangkan para narasumber seperti menkominfo, Chairman Asosiasi Pengusaha Teknologi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS), Bappenas, Center for Digital Society, dan lainnya. (*/tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook