KB Suntik Paling Diminati Warga Kota Serang

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 19 Juli 2019 - 14:37:14 WIB   |  dibaca: 119 kali
KB Suntik Paling Diminati Warga Kota Serang

PENGHARGAAN: Walikota Serang Syafrudin didampingi istrinya Ade Jumaiyah Syafrudin (kiri) memberikan penghargaan kepada salah seorang peserta keluarga berencana dalam acara pembukaan kegiatan Harganas XXVI tingkat Provinsi Banten, di Hotel Horison Ultima Ratu, kemarin.

SERANG- Alat kontrasepsi suntik paling diminati masyarakat Kota Serang dalam mengikuti program KB (keluarga berencana). Tingginya minat alat kontrasepsi KB suntik karena mudah didapat dan jangka waktu pelaksanaanya tidak terlalu lama.

Demikian dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang Ida dahlia saat ditemui usai pembukaan kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI tingkat Provinsi Banten, di Hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang, Kamis (18/07).“Saat ini primadona alat kontrasepsi bagi pasang usia subur di Kota Serang masih yang suntik,” kata Ida Dahlia kepada Banten Raya.

Ia menjelaskan, alasan banyak warga memilih menggunakan alat kontrasepsi KB suntik itu karena jangka waktu pelaksanaannya tidak terlalu dekat. Hal ini yang menjadi alasan ibu-ibu lebih banyak memilih KB suntik.“Alat kotrasepsi KB suntik itu jangka waktu pelaksanaannya tidak terlalu dekat, akhirnya ibu-ibu lebih memilih cara seperti itu. Namun untuk alat kontrasepsi implant sudah mulai banyak juga,” ucap dia.

Mengenai keaktifan masyarakat terhadap KB, Ida menyebutkan angka prevalensi pemakaian kontrasepsi atau peserta KB di Kota Serang saat ini mencapai 72 persen dari 119.000 pasang usia subur. Jumlah itu akan terus digenjot keaktifan masyarakatnya.“Yang aktif KB di Kota Serang saat ini mencapai 72 persen dari 119.000 pasang usia subur,” sebutnya.

Kepala DP3AKB Kota Serang Toyalis mengatakan, masyarakat Kota Serang sudah mulai mengerti pentingnya KB untuk keluarganya.“Saya rasa masyarakat sudah mengerti KB, terbukti sudah ada keaktifan KB 72 persen. Nah hari ini juga saya akan langsung membuka kegiatan sosialisasi di 3 kecamatan,” ujar Toyalis.

Sementara itu, Walikota Serang Syafrudin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan peringatan Harganas merupakan sebagai bentuk kepedulian pemerintah bersama masyarakat terhadap pembangunan keluarga dalam menyukseskan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

“Kemudian momentum ini merupakan salah satu wujud pemerintah kepada keluarga serta pendukung program KKBPK dalam upaya mewujudkan keluarga yang berkulaitas sebagai modal mencapai visi dan misi Kota Serang yaitu terwujudnya kota peradaban yang berdaya dan berbudaya,” kata Syafrudin.

Kota Serang dalam memperingatai Harganas, lanjut dia, telah melakukan rangkaian kegiatan antara lain pelayanan KB, metode kontrasepsi jangka panjang baik statis maupun pelayanan KB bergerak di enam kecamatan di Kota Serang.

Kemudian, masih kata Syafrudin, pembinaan bantuan motivasi lomba yang melibatkan masyarakat KB dan motivator MOP (metode operasi pria) yang dilakukan secara berjenjang sampai tingkat Kota Serang. Kemudian advokasi komunkiasi informasi dan edukasi program KB.

Penggerakan dan kemitraan bagi petugas pengelola, pelaksana LSM dan institusi masyarakat pedesaan atau kelurahan dan peningkatan ketahanan keluarga serta pemberdayaan keluarga khuusnya dalam penggarapan kampung KB di enam kecamatan.

Ia menjelaskan, momentum harganas diperingati sebagai wadah pererenungan peran orang tua dalam mendidik anak saat ini yang terjadi dalam keluarga kurangnya waktu berhimpun bersama. Karena itu betapa pentingnya pola asuh yang dilakukan orng tua dan keluarga kren pola asuh akan membentuk pribadi anak sesuai tema seminar pada hari ini menjadi orang tua hebat.

“Momentum ini pula diharapkan dapat meningkatkan prestasi masyarakat dalam mencapai program KKBKP, KKBPK, dalam meuwjudkan keluarga kecil dan bahagia. Betapa pentingnya keluarga atau orang tua terhadap anak-anak kita untuk terwujudnya keluarga yang sejahtera,” jelasnya. (harir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook