Diskor Tiga Kali, Dilanjutkan Malam Hari

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 19 Juli 2019 - 16:04:20 WIB   |  dibaca: 68 kali
Diskor Tiga Kali, Dilanjutkan Malam Hari

BATAL DIGELAR: Bupati Serang memasuki ruang paripurna DPRD, Kamis (18/7).

SERANG - Rapat paripurna merupakan pengambilan keputusan tertinggi yang harus dihadiri paling tidak setengah lebih satu anggota DPRD agar memenuhi kuorum. Untuk di DPRD Kabupaten Serang paling tidak 26 orang anggota.

DPRD Kabupaten Serang menggelar rapat paripurna dengan agenda Persetujuan Penetapan Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Serang Tahun Anggaran 2018.

Berbeda dengan rapat-rapat paripurna sebelumnya, rapat paripurna kemarin, yang sedianya dimulai pukul 10.00 WIB,  tidak berjalan mulus karena anggota DPRD yang hadir tidak memenuhi kuorum atau hanya dihadiri 22 orang anggota.

Lantaran kehadiran anggota DPRD tidak memenuhi kuorum, rapat paripurna baru dimulai pukul 10.35 WIB. Namun rapat mendapat penolakan untuk dilanjutkan dari Zaenal Abidin, anggota Fraksi Hanura Bulan Bintang karena kehadiran anggota masih belum juga kuorum. "Sesuai aturan karena rapat paripurna merupakan pengambilan keputusan yang ada di DPRD jika tidak kuorum maka tidak bisa dilanjutkan. Maka harus diskor sampai peserta rapat kuorum," kata Zaenal.

Atas saran tersebut, rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Serang Muhsinin tersebut diskor selama 15 menit sambil menunggu anggota DPRD yang lain datang. Sementara itu, para ketua fraksi sibuk menghubungi anggotanya agar bisa hadir dalam rapat.

Namun hingga rapat kembali dimulai, anggota rapat paripurna tidak kunjung bertambah. Akhirnya rapat kembali diskor 30 menit atas saran Ketua Fraksi PAN Masrori. Sementara itu, beberapa undangan termasuk Bupati Serang Rt Tatu Chasanah meninggalkan ruangan rapat.

Selanjutnya, 30 menit kemudain, Muhsinin mengumumkan bahwa rapat ditunda sampai dengan pukul 19.30 WIB karena peserta rapat tidak bertambah. "Atas keputusan ketua-ketua fraksi fraksi, rapat ditunda samapai pukul 19.30 WIB," ujar Muhsinin.

Politisi Golkar itu menuturkan, ketidakhadiran sejumlah anggota DPRD tersebut selain mengganggu jadwal aparatur sipil negara (ASN), juga mengganggu jadwal Badan Musyawarah (DPRD) Kabupaten Serang."Malam rapat harus dipaksakan, karena pertanggungjawaban APBD ini harus segera dibahas. Ini baru pertama kali rapat ditunda selama saya menjadi anggota dewan dua periode. Alasan tidak hadir karena malas," tuturnya. (TANJUNG)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook