Jembatan Timbang Cimanuk Segera Beroperasi

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Sabtu, 20 Juli 2019 - 11:24:52 WIB   |  dibaca: 274 kali
Jembatan Timbang Cimanuk Segera Beroperasi

JEMBATAN TIMBANG : Pengendara motor melintas di jembatan timbang Cimanuk yang tidak berfungsi, kemarin.

CIMANUK - Jembatan timbang di Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang direncanakan mulai dioperasikan tahun ini. Pengoperasian kembali jembatan timbang sesuai instruksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banten Tri Nurtopo memastikan, jembatan timbang Cimanuk akan diaktifkan kembali.

Meski pihaknya tidak mengetahui kepastian rencana pengoperasian jembatan tersebut. Sebab, pengelolaan jembatan timbang menjadi kewenangan Kemenhub. "Informasi akan dioperasikan, tapi kapannya gak tahu saya, itu punya pusat, kita tidak punya," kata Tri, kepada Banten Raya saat berkunjung ke Pandeglang, kemarin.

Kepala Dishub Pandeglang Dadan Tafif Daniel menyambut baik dengan akan difungsikannya kembali jembatan timbang Cimanuk. Kata Dadan, dioperasikannya jembatan timbang kebutuhan mendesak karena dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas.

"Dengan beroperasinya kembali jembatan timbang diharapkan tak ada lagi kelebihan muatan dan ukuran kendaraan yang menyebabkan hal yang tidak diinginkan terjadi di jalan raya," terangnya. Sebelum beroperasi, kata Dadan, bangunan jembatan timbang tersebut perlu dilakukannya revitalisasi.

Sebab, semenjak tidak berfungsinya jembatan itu menjadi kumuh dan kurang penataan. "Ya, harusnya bangunannya diperbaiki dulu, biar kondisinya bisa lebih baik lagi, gak seperti sekarang ini kurang baik," ujarnya.

Dadan menjelaskan, sudah beberapa tahun terakhir jembatan timbang Cimanuk tidak beroperasi. Meski jembatan tersebut berfungsi sebagai sarana untuk melakukan pengawasan terhadap kendaraan-kendaraan besar, seperti truk.

"Memang kalau jembatan ini gak aktif membahayakan transportasi yang akhirnya membuat muatan overload. Ini sangat membahayakan kendaraan-kendaraan besar seperti truk, karena tidak bisa dikendalikan, sehingga akan membahayakan transportasi umum," jelasnya. (yanadi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook