Provinsi Hanya Bantu Empat Unit Rutilahu

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Sabtu, 20 Juli 2019 - 11:52:27 WIB   |  dibaca: 111 kali
Provinsi Hanya Bantu Empat Unit Rutilahu

TERUS BERTAMBAH : Petugas Satker KementerianPUPR menggelar sosialisasi terkait perbaikan rutilahu di Desa Pamengkang, Kecamatan Kramatwatu, Jumat (19/7).

SERANG – Program perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) di Kabupaten Serang mendapat tambahan dari pemerintah provinsi sebanyak empat unit dan dari pemerintah pusat sebanyak 450 unit dari yang sebelumnya hanya 250 unit. Dengan ditambahnya bantuan dari provinsi dan pusat tersebut, maka jumlah rutilahu yang akan diperbaiki pada tahun ini mencapai 1.316 unit.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB) Kabupaten Serang Irawan Noor mengatakan, adanya tambahan dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat tersebut setelah pihaknya melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah Provinsi Banten dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-PR).

“Alhamdulillah untuk pembangunan rumah layak huni yang sudah pasti dari pemerintah pusat dari yang sebelumnya hanya 250 unit sekarang ditambah menjadi 450 unit. Kemudian kita dapat tambahan juga dari pemerintah provinsi sebanyak empat unit,” kata Irawan, saat ditemui di halaman pendopo Bupati Serang, Jumat (19/7).

Adapun nilai bantuan dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat tersebut berbeda. Untuk bantuan dari pemerintah provinsi per unit Rp50 juta, sedangkan yang dari pemerintah pusat yang dinamakan program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) sebesar Rp20 juta per unit. “Untuk pembangunannya kalau yang provinsi pakai pihak ketiga, kalau yang dari pusat melalui satker (satuan kerja),” ujarnya.

Selain dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat tersebut, Pemkab Serang juga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp16.440.000.000 untuk perbaikan rutilahu sebanyak 822 unit. “Untuk yang dari APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah) pembangunannya akan dimulai 2 Agustus. Insya Allah peletakan batu pertamanya langsung oleh Ibu Bupati (Rt Tatu Chasanah-red) di Kecamatan Baros,” tuturnya.

Kemudian, perbaikan rutilahu juga dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebanyak 40 unit untuk bangunan baru yang pengerjaannya bekerjasama dengan Kodim 0602/Serang. “Untuk yang Baznas ada juga yang sifatnya bantuan seperti perbaikan lantai, dinding, dan atap. Jadi yang sudah pasti total pembangunan rumah layak huni sebanyak 1.316 unit,” paparnya.

Namun jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah karena perbaikan rutilahu akan dilakukan melalui anggaran dari corporate social responsibility (CSR) Bank Pembangunan Jabar Banten (BJB), CSR dari Himpunan Pengusaha Wilayah Serang Timur (Hipwis) dan dari koperasi. “Untuk yang perusahaan kalau tahun-tahun sebelumnya satu unit beberapa perusahaan sekarang satu unit satu perusahaan,” katanya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook