Sejumlah Desa Alami Kekeringan

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Senin, 22 Juli 2019 - 10:59:32 WIB   |  dibaca: 197 kali
Sejumlah Desa Alami Kekeringan

AIR BERSIH: Tim relawan BPBD Lebak mendistribusikan air bersih kepada masyarakat Warunggunung, Minggu (21/7).

RANGKASBITUNG- Sejak dua pekan terakhir ini, sejumlah desa di Kecamatan Warunggunung, Sajira, dan Leuwidamar mulai mengalami kekeringan. Akibat kondisi tersebut, warga di sejumlah dewa itu kesulitan untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan mandi, cuci dan konsumsi.

Namun setelah hal tersebut telah dilaporkan secara resmi ke Bupati Iti Octavia Jayabaya, maka Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak langsung rutin mendistribusikan air bersih ke tiga kecamatan tersebut. Bahkan pada Senin (22/7) ini, BPBD akan terus mendistribusikannya selama masyarakat di tiga kecamatan tersebut masih membutuhkan air bersih.

Kepala BPBD Lebak Dede Jaelani kepada Banten Raya membenarkan sejumlah desa di tiga kecamatan sedang mengalami kekeringan yang mengakibatkan masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih. Namun agar masyarakat bisa terpenuhi kebutuhan air bersih, maka sejak beberapa hari terakhir ini BPBD rutin mendistribusikan air. "Setiap hari tiga mobil tangki kami kerahkan. Bahkan besok (hari ini) kami akan kembali mendiatribusikan air bersih," ujar Dede Jaelani, kemarin.

Menurutnya, saat ini semua tim relawan BPBD selalu siaga untuk mengantisipasi kemungkinan bertambahnya wilayah perdesaan yang mengalami kekeringan. Bahkan pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk mempermudah sekaligus mempercepat penyiapan air bersih bila mendadak dibutuhkan. "Kami berharap kekeringan akibat kemarau ini tidak berkepanjangan, serta tidak semakin meluas," harapnya.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak Kaprawi menegaskan, pihaknya bersama puluhan tim relawan akan tetap melayani masyarakat, selama bencana kekeringan masih melanda. Bahkan kapan pun masyarakat di daerah kekeringan membutuhkan air bersih, maka pihaknya siap mendistribusikannya. "Jam berapa pun membutuhkan suplai air bersih, kami akan langsung menerjukan mobil tangki kami," kata Kaprawi. (hudaya)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook