Rumah Kemasan Jadi Sentra Batik dan Kuliner

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Senin, 22 Juli 2019 - 11:09:57 WIB   |  dibaca: 481 kali
Rumah Kemasan Jadi Sentra Batik dan Kuliner

DIRESMIKAN : Bupati Irna Narulita berbincang dengan warga usai meresmikan Rumah Kemasan di Jalan Raya Labuan- Pandeglang KM 5, Sabtu (20/7) malam.

PANDEGLANG - Rumah Kemasan di Jalan Raya Labuan-Pandeglang Km 05 Cikoneng, atau tepatnya di Kampung Cipacung, Desa Palurahan, Kecamatan Kaduhejo, resmi menjadi sentra batik dan kuliner (sebakul).

Bupati Irna Narulita mengatakan, ditetapkannya rumah kemasan menjadi pusat perbelanjaan untuk memudahkan para wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh khas Kabupaten Pandeglang. Mengingat produk yang dijual beralas dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pandeglang. "Jadi Rumah Kemasan ini pusatnya oleh-oleh Pandeglang.

Semua produk hasil dari para pelaku UMKM. Jadi nanti makanan lokal bisa kita angkat. Kita juga akan sediakan makanan khas Pandeglang, seperti apem, kue pancong, dan makanan lainnya. Selain kita beli makanan, bisa membeli batik Cikadu," kata Irna saat memberikan sambutan meresmikan bangunan sebakul, Sabtu (20/7) malam.

Selain kuliner, kata Irna, pemerintah daerah terus berkomitmen mengembangkan batik. Sebab, batik yang dihasilkan dapat menjadi oleh-oleh wisatawan. Irna berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama bagi para perajin batik. "Ada 14 motif batik Pandeglang yang sudah diapresiasi Kemenkumham dan sudah ditetapkan menjadi hak kekayaan intelektual (HKI)," ungkapnya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM Pandeglang Andi Kusnardi berkomitmen, akan melakukan pengembangan terhadap para pelaku UMKM agar produk yang dihasilkan dapat menjadi oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung ke Pandeglang. "Produk UMKM selalu kita utamakan, kita ingin produk yang ada bisa dibeli oleh para wisatawan. Kita ingin produk kita dapat dikenal oleh masyarakat luas," ujarnya.

Andi mengingatkan masyarakat yang berkunjung ke obyek wisata bisa mampir di rumah kemasan karena menyediakan beberapa produk lokal unggulan. "Saya berharap para wisatawan bisa mampir untuk membeli produk yang dihasilkan UMKM. Rumah kemasan menyediakan berbagai macam oleh-oleh, karena sekarang sudah menjadi tempat sentra batik dan kuliner," imbuhnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook