Walikota Serang Resmikan Madrasah An Nur

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Senin, 22 Juli 2019 - 11:40:23 WIB   |  dibaca: 73 kali
Walikota Serang Resmikan Madrasah An Nur

DIRESMIKAN: Walikota Serang Syafrudin menggunting pita saat peresmian Madrasah An Nur dan gedung serba guna di RW 21 Taman Banten Lestari, Sabtu (20/7).

SERANG- Walikota Serang Syafrudin meresmikan Madrasah An Nur dan gedung serba guna yang berada di RW 21 Blok D-H Taman Banten Lestari, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang, Sabtu (20/7). Dalam kesempatan itu Syafrudin mengatakan, keberadaan madrasah tidak kalah penting dibandingkan dengan sekolah umum.

Untuk itu, peningkatan sumber daya manusia (SDM) harus dilakukan sejak dini sehingga tercipta SDM yang mumpuni. Namun untuk bisa menciptakan SDM yang mumpuni anak-anak tidak cukup hanya mengenyam pendidikan di sekolah umum, melainkan juga perlu merasakan pendidikan di madrasah. Anak yang hanya belajar di sekolah umum tidak akan maksimal pengetahuan agamanya.“Sekolah umum saja tidak cukup. Yang bagus itu umum iya madrasah juga iya,” kata Syafrudin saat sambutan.

Syafrudin menyatakan, Kota Serang lahir tahun 2007 dan baru bersuaia 12 tahun pada tahun ini sehingga masih banyak kekurangan di Kota Serang. Banyak yang menilai Kota Serang masih jalan di tempat dan belum ada perubahan. Padahal, menurutnya, kemajuan sebuah daerah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah melainkan juga masyarakat dan semua pemangku kepentingan.

Karena itu keberadaan Madrasah An Nuur yang dibangun secara swadaya masyarakat itu merupakan bentuk dari peran masyarakat pada kemajuan Kota Serang.“Pembangunan madrasah secara swadaya masyarakat ini luar biasa sekali. Saya mengapresiasi luar biasa,” ujarnya.

Syafrudin juga mempersilakan masyarakat di RW 21 mempergunakan fasilitas sosial dan fasilitas umum di lingkungan tersebut untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Untuk menciptakan masyarakat yang sehat, maka di lahan ini dapat dibangun fasilitas olahraga. Agar anak-anak mampu membaca al Quran, bisa dibangun madrasah, dan lainnya.

“Selanjutnya madrasah dan gedung serba guna ini menjadi tanggung jawab masyarakat TBL untuk mengelolanya. Kalau ada yang tidak bisa dilakukan masyarakat silakan minta bantuan ke Pemkot Serang,” katanya seraya menambahkan kedatangan walikota ke acara tersebut sebagai wujud kecintaannya pada masyarakat TBL.

Ketua RW 21 Heru Nugraha mengungkapkan, pembangunan Madrasah An Nur sepenuhnya menggunakan uang dari masyarakat yang dikumpulkan secara swadaya. Saat ini bangunan madrasah memiliki empat ruangan.

Satu ruangan akan digunakan sebagai ruang guru, sementara sisanya untuk ruang kelas. Di madrasah ini akan digelar pembelajaran PAUD dan madrasah diniyah.“Setelah diresmikan walikota akan kita operasikan madrasahnya,” kata Heru.

Heru mengungkapkan sebelum bangunan madrasah jadi, siswa PAUD dan madrasah di RW 21 menggunakan sarana yang kurang menunjang. Pembelajaran PAUD dilakukan di rumah warga, sementara pembelajaran madrasah dilakukan di masjid. Dengan adanya madrasah ini diharapkan proses pembelajaran lebih maksimal karena dilakukan di tempat yang representatif. “Siswa PAUD saat ini ada 30 anak. Sementara siswa madrasah antara 60-70 anak,” ujarnya. (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook