124 Siswa Bersaing Dapatkan Beasiswa

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Senin, 22 Juli 2019 - 12:04:25 WIB   |  dibaca: 320 kali
124 Siswa Bersaing Dapatkan Beasiswa

KONSENTRASI: Para siswa calon penerima beasiswa dari APBD Kabupaten Serang konsentrasi mengikuti Simak UI, Minggu (21/7).

SERANG – Sebanyak 700 siswa dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Banten mengikuti seleksi masuk (Simak) Universitas Indonesia (UI) melalui jalur ujian tertulis yang diselenggarakan di MAN 2 dan SMAN 1 Ciruas, kemarin. Dari jumlah tersebut, sebanyak 124 siswa di antaranya adalah warga Kabupaten Serang yang bersaing mendapatkan beasiswa untuk 12 kursi dari Pemkab Serang jika lolos tes.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya mengatakan, progam beasiswa Pemkab Serang di UI disambut antusias dari para siswa dan pihak sekolah. “Alhamdulillah hari ini (kemarin-red) tes seleksi masuk atau Simak UI sudah dimulai dan diikuti 124 siswa asal Kabupaten Serang,” kata Asep, Minggu (21/7).

Asep menjelaskan, beasiswa dari APBD Kabupaten Serang selain biaya kuliah, juga termasuk untuk biaya hidup mereka. “Jadi ada 12 kuota beasiswa dari APBD bagi mereka yang lulus tes UI untuk tujuh prodi pada fakultas vokasi UI. Semoga pada lulus karena tahun kemarin enggak ada yang lulus,” ujarnya.

Adapun tujuh prodi tersebut di antaranya yaitu, jurusan administrasi perkantoran, perpajakan, visioterapi kerumahsakitan, okupasi terapi, dan manajeman informasi dan dokumentasi. “Kami juga telah mengupayakan untuk 114 siswa dari 124 peserta dapat dibantu biasa pendaftaran dari fasilitas dana CSR (corporate social responsibility) Bank bjb Cabang Serang masing-masing Rp400.000,” ungkapnya.

Pria yang hobi bersepeda itu menuturkan, penilaian tes Simak UI sepenuhnya dilakukan oleh UI sebagai penyelelenggara tes dan tidak ada campur tangan dari Pemkab Serang. “Kita sifatnya memfasilitasi untuk beasiswanya. Untuk penilaian kewenangan UI. Tahun lalau kita punya kuota beasiswa untuk tujuh orang tapi enggak ada yang lulus. Hasi tes Simak ini akan diumumkan tanggal 31 Juli,” ujarnya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook