Penderita HIV/AIDS Bertambah 54 Orang

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 23 Juli 2019 - 11:54:14 WIB   |  dibaca: 76 kali
Penderita HIV/AIDS Bertambah 54 Orang

WAWANCARA: Kepala Seksi Pencegahan Penanggulangan Penyakit Menular pada Dinkes Kota Serang saat diwawancara Muhammad Affan di ruang kerjanya, Senin (22/7).

SERANG- Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang menujukkan ada penambahan penderita HIV/AIDS di Kota Serang. Sepanjang tahun 2019 dari Januari sampai Juni, terdapat 54 penderita HIV baru.

Kepala Seksi Pencegahan Penanggulangan Penyakit Menular pada Dinkes Kota Serang Muhammad Affan mengatakan, sepanjang Januari sampai Juni 2019 terdapat 54 penderita HIV. Dari jumlah itu, 10 penderita berjenis kelamin laki-laki. Adapun sisanya sebanyak 44 berjenis kelamin perempuan.

Dari 10 laki-laki yang mengidap HIV itu sebagian besar atau 6 orang di antaranya adalah lelaki yang melakukan seks dengan lelaki atau LSL atau hubungan sejenis.“Sementara 4 laki-laki lainnya merupakan populasi beresiko,” kata Affan, Senin (22/7).

Sementara dari 44 perempuan yang mengidap HIV itu, 8 di antaranya adalah ibu rumah tangga (IRT) yang kedapatan positif HIV saat pemeriksaan kehamilan. Sisanya sebanyak 36 perempuan merupakan wanita pekerja seks (WPS) atau PKS. Pemeriksaan pada ibu hamil merupakan program yang dicanangkan kementerian kesehatan RI yang biasanya berbarengan dengan pemeriksaan hepatitis. “Kami perlu berhati-hati menyampaikan pemeriksaan ini karena kalau salah akan ada banyak ibu hamil yang tersinggung,” katanya.

Padahal, masalahnya bisa saja ada pada suami. Ketika seorang suami melakukan perilaku beresiko, misalkan menggunakan jasa wanita pekerja seks, maka ketika tertular bisa menularkannya kepada istri yang sehari-hari tidak melakukan tindakan macam-macam.

Sementara data kumulatif dari tahun 2007 sampai dengan 2018 di Kota Serang terdapat 152 HIV dan 195 AIDS. Adapun orang dengan HIV/AIDS yang meninggal dunia mencapai 73 orang.
Affan menyatakan, guna menemukan penderita AIDS, Dinkes Kota Serang melakukan mobile voluntary counselling and testing (VCT) atau konseling dan tes HIV sukarela ke daerah yang memiliki resiko tinggi, seperti Alun-alun Kota Serang, cafe, dan Kepandean.

Dalam mobile vct sceeming seminggu yang lalu ditemukan satu orang positif HIV, yaitu remaja berumur 19 tahun.“Sebanyak 50 orang di tiap satu titik yang kita lakukan mobile vct. Mereka terdiri dari transgender, LSL (homo), dan wanita penjaja seks,” katanya.

Untuk mencegah penularan HIV/AIDS, kata Affan, Dinkes Kota Serang menyosialisasikan HIV ke tingkat kelurahan dan sekolah menengah atas. Dinas juga melakukan penguatan dengan program pengendalian penularan HIV/AIDS dari ibu ke anak. Penanganan pada ibu hamil yang positif AIDS adalah dengan sejak awal mengatur persalinan dengan cara caesar dengan harapan bayi tidak akan tersentuh cairan ibu.“Dengan cara ini mudah-mudahan bayinya tidak tertular,” katanya.


Karena itu saat ini pemeriksaan HIV/AIDS pada ibu hamil merupakan hal yang wajib. Maka, dinas mengimbau kepada puskesmas melalui bidan dan petugas program HIV agar berusaha mendeteksi sedini mungkin penderita HIV/AIDS sehingga penanganan sejak awal dapat dilakukan. Petugas kesehatan juga akan disiapkan agar saat melakukan persalinan tidak tertular.
“Sama kita siapkan petugasnya juga supaya tidak tertular HIV,” tuturnya.

Staf pelaksana program HIV/AIDS Toni Ahmad Yana mengatakan tips supaya tidak terkena HIV maka seseorang dapat melakukan lima langkah yang dirumuskan dalam ABCDE. Abstinesia atau jauhi seks sampai kawin atau menjalin hubungan hanya dengan pasangan yang setia.

Be faithful atau bersikap saling setia dengan pasangan dan mempunyai perilaku seksual yang bertanggung jawab. Condom atau cegah dengan menggunakan kondom secara benar dan konsisten untuk penjaja seks atau orang yang tidak mampu melaksanakan A dan B. Drug atau katakan tidak pada narkoba. E quipment atau jangan memakai alat suntik secara bergantian.“Intinya jauhi seks bebas, setia hanya satu pasangan,” katanya. (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook