45 Caleg Terpilih Ditetapkan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 23 Juli 2019 - 11:59:53 WIB   |  dibaca: 142 kali
45 Caleg Terpilih Ditetapkan

PLENO: Jajaran komisioner KPU Kota Serang saat rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih di Le Dian Hotel, Senin (22/7).

SERANG- KPU Kota Serang menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih, di Le Dian Hotel, Senin (22/7). Rapat pleno menetapkan 45 caleg terpilih untuk mengisi kursi DPRD Kota Serang periode 2019-2024.

Rapat pleno dihadiri pimpinan Bawaslu Kota Serang, pimpinan parpol, pemantau pemilu, tokoh masyarakat, perwakilan kampus, pemerintah daerah, petinggi TNI/Polri, serta disupervisi langsung oleh KPU Banten.

Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran menjelaskan, berdasarkan surat dinas KPU RI nomor 1027 tanggal 17 Juli 2019, KPU kabupaten/kota diperintahkan menggelar rapat pleno paling lama lima hari sejak diterbitkannya surat tersebut.

Rapat pleno, kata Ade, berpedoman pada peraturan KPU nomor 5 tahun 2019 tentang penetapan pasangan calon terpilih, penetapan perolehan kursi, dan penetapan calon terpilih dalam pemilihan umum. “Karena berdasarkan hasil registrasi Mahkamah Konstitusi (MK), Kota Serang tidak ada gugatan hasil untuk tingkat DPRD kabupaten/kota, maka kami bisa melaksanakan rapat pleno ini,” kata Ade ketika membuka rapat pleno.

Dalam rapat pleno, Divisi Teknis KPU Kota Serang Fierly Murdlyat Mabrurri menjelaskan, berdasarkan hasil rekapitulasi diperoleh data sebagai berikut. PKB memperoleh 24.551 suara, dengan meraih 3 kursi, Partai Gerindra memperoleh 61.094 suara (7 kursi), PDI Perjuangan 31.649 suara (4 kursi), Partai Golkar 52.268 suara (7 kursi), Partai Nasdem 27.656 suara (6 kursi), Partai Garuda 1.695 suara (tanpa kursi),

Partai Berkarya 14.058 suara (1 kursi), PKS 39.909 suara (5 kursi), Partai Perindo 7.343 suara (tanpa kursi), PPP memperoleh 28.427 suara (3 kursi), PSI 3.534 suara (tanpa kursi), PAN 28.399 suara (4 kursi), Partai Hanura 17.451 suara (1 kursi), Partai Demokrat memperoleh 25.851 suara (4 kursi), PBB 6.235 suara (tanpa meraih kursi), dan PKPI 292 suara meskipun tidak mengajukan caleg.

Tiga caleg terpilih PKB adalah Aminudin dari dapil I, Fatihudin dari dapil III, dan Rohani dari dapil VI. Tujuh caleg terpilih Partai Gerindra adalah Khoeri Mubarok dari dapil I, Rizky Kurniawan dari dapil II, Budi Rustandi dari dapil III, Saipulloh dan Babay Sukardi dari dapil IV, Juli dari dapil V, dan Lia Mahdalia dari dapil VI. Empat caleg terpilih PDI Perjuangan adalah Urip Saman dari dapil I, Bambang Janoko dari dapil II, Suradi dari dapil IV, dan Sayuti dari dapil VI.

Tujuh caleg terpilih Partai Golkar adalah Zainal Abidin Machmud dari dapil I, Ratu Ria Maryana dapil II, Muji Rohman dan Eddy Setiadi dari dapil III, Sarnata dari dapil IV, Mad Buang dari dapil V, dan Wida Ampiany dari dapil VI.

Berikutnya, enam caleg terpilih Partai Nasdem adalah Roni Alfanto dari dapil I, Yoppy R dari dapil II, Rosmila Sari dari dapil III, Jumhadi dari dapil IV, Pujianto dari dapil V, dan Khaeroni dari dapil VI.


Satu caleg terpilih Partai Berkarya adalah Ubaidillah dari dapil III. Lima caleg terpilih PKS adalah Hasan Basri dari dapil I, Nur Agis Aulia dari dapil II, Engka Bela Restu dari dapil IV, Ridwan Akhmad dari dapil V, dan Muhtar Efendi dari dapil VI. Tiga caleg terpilih PPP adalah Nuropik dari dapil II, Rahmatullah dari dapil III, dan Wisol dari dapil IV.

Selanjutnya, empat caleg terpilih PAN adalah Ahmad Rosadi dari dapil I, Dede Rafiudin dari dapil II, Sukara dari dapil IV, dan Ari Winanto dari dapil V. Satu caleg terpilih Partai Hanura adalah Baijuri dari dapil IV. Sementara empat caleg terpilih Partai Demokrat adalah Muajah dari dapil I, Amanudin Toha dari dapil II, Ramlan Junaidi dari dapil IV, dan Heni Sulastri dari dapil V.“Secara keseluruhan, jumlah suara sah adalah 370.412. Dari 45 caleg terpilih ini, 6 di antaranya perempuan.

Partai Gerindra dan Partai Golkar sama-sama meraih 7 kursi, namun raihan suara Partai Gerindra lebih banyak ketimbang Partai Golkar. Pasca pleno, kami akan segera berkirim surat kepada parpol untuk memberitahukan hasil pleno ini," ujarnya.

Kami juga mengingatkan agar caleg terpilih segera melengkapi tanda terima LHKPN paling lama 7 hari setelah rapat pleno ini sebagai syarat pelantikan. Berdasarkan hasil konsultasi kami dengan Sekretariat DPRD, masa jabatan DPRD Kota Serang periode 2014-2019 akan selesai tanggal 3 September 2019. Apakah pelantikan DPRD periode mendatang akan pas di tanggal itu atau tidak tergantung dari pemerintah. Tugas KPU selesai hingga penetapan caleg terpilih. Urusan pelantikan kewenangan pemerintah,” tambah Fierly.

Kewajiban menyerahkan tanda terima LHKPN bagi caleg terpilih, kata Fierly, tertuang dalam pasal 37 ayat 1, 2, dan 3 peraturan KPU nomor 5 tahun 2019. “Dalam hal calon terpilih anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/ Kota tidak menyerahkan bukti tanda terima LHKPN, KPU, KPU Provinsi, dan KPU kabupaten/kota tidak mencantumkan nama yang bersangkutan dalam pengajuan nama calon terpilih yang akan dilantik kepada presiden, kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang dalam negeri, dan gubernur,” ujar Fierly. (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook