180 Santri Baru Ibad Ar-Rahman Ikut Matsama

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Selasa, 23 Juli 2019 - 12:07:20 WIB   |  dibaca: 293 kali
180 Santri Baru Ibad Ar-Rahman Ikut Matsama

SALAM KOMANDO: Dewan guru dan tamu undangan masa taaruf santri madrasah foto bersama usai kegiatan, kemarin.

PANDEGALANG - Sebanyak 180 orang santri baru Pondok Pesantren (Ponpes) Ibad Ar-Rahman Islamic Boarding School, di Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang selesai mengikuti kegiatan masa ta'aruf santri madrasah (Matsama), Minggu (21/7). Kegiatan Matsama ini dilaksanakan dalam rangka masa perkenalan santri.

Ketua Dewan Pembina Ibad Ar,-Rahman Hadi Santoso mengatakan, kegiatan Matsama merupakan tahapan rangkaian para santri dalam menuntut ilmu di Ponpes Ibad Ar-Rahman. "Kegiatan itu perlu dilakukan agar para santri saling mengenal satu sama lain. Sebelumnya mereka telah dilatih selama enam hari. Dan saya inginkan mereka disipilin dan punya karakter," kata Hadi ditemui usai upacara Matsama.

Hadir dalam acara itu, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Banten Letkol Laut (P) Golkariansyah, Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono, Kepala Kemenag Pandeglang Endang, Camat Cimanuk Nuriah, Kapolsek Cimanuk AKP Pupu Syaripudin dan Danramil Cimanuk Kapten Inf Ruiyat.

Hadi menjelaskan, pada kegiatan Matsama Ibad Ar-Rahman bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut Banten. Sebab, kegiatan itu untuk memberikan pengetahuan bagi santri untuk lebih disipilin."Cara yang paling cepat adalah pendampingan terhadap para santri. Awalnya guru-guru selama satu minggu yang sebelumnya guru-guru telah dilatih oleh Angkatan Laut. Sebelumnya juta kita kerjasama dengan Kopassus. Tapi tidak hanya Kopassus, kita ingin mereka mengenal laut," jelasnya.

Hadi mengingatkan, para guru tidak lelah dan bosan untuk terus mendidik para santri khususnya dalam memberikan ilmu pengetahuan baik umum ataupun agama. "Saya harapkan agar para santri dapat menimba ilmu dengan sebaik-baiknya serta dapat mengamalkannya di lingkungan masyarakat sehingga dapat memajukan bangsa dan Negara," harapnya.
Danlanal Banten Letkol Laut (P) Golkariansyah mengatakan, semoga kegiatan Matsama dapat bermanfaat untuk para santri, lantaran ta'aruf adalah salah satu kegiatan penting dalam masa perkenalan santri dan guru.

"Untuk para pengurus ponpes jangan sungkan apabila memerlukan bantuan pembinaan, kami dari Angkatan Laut siap membantu semaksimal mungkin dengan harapan agar para santri bisa lebih disiplin sesuai kadar tingkatan yang dibutuhkan," ungkapnya.

Kapolres Pandeglang AKBP, Indra Lutrianto Amstono mengapresiasi kegiatan Matsama yang dilaksanakan ponpes Ibad Ar-Rahman. "Saya titipkan kepada ponpes dan para santri agar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas dan mencegah pemahan radikalisme yang bertentangan dengan Undang-undang Dasar 1945 dan Pancasila. Ponpes tempat yang sangat baik dan bagus bagi pendidikan para santri," tegasnya.

Quality Assurance Ibad Ar-Rahman, Ernydar menerangkan, kegiatan Matsama perlu dilaksanakan dalam rangka pembekalan disiplin bagi para santri. "Kita ingin mencoba dan membuat anak atau para santri enjoy masuk ponpes, untuk dapat beradaptasi dan disiplin. Putri dan putra kita buka dua kelas, yakni untuk putri 60 santri MTS dan 30 santri Aliah. Sementara putra kita terima 60 santri MTS dan 30 santri Aliah," paparnya. (yanadi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook