Puluhan Pejabat Belum Ikuti Diklatpim

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Sabtu, 03 Agustus 2019 - 12:58:41 WIB   |  dibaca: 284 kali
Puluhan Pejabat Belum Ikuti Diklatpim

MENDAPAT PELATIHAN: Para CPNS Kabupaten Serang menjalani pelatihan dasar yang diselenggarakan Pemkab Serang di kantor Badan Diklat Provinsi Banten, belum lama ini.

SERANG, BANTEN RAYA – Sebanyak 100 orang lebih pejabat eselon IV dan 50 orang pejabat eselon III serta lima pejabat eselon II sampai saat ini belum mengikuti pendidikan dan pelatihan kepempimpinan (Diklatpim). Masih banyaknya pejabat yang belum mengikuti diklatpim tersebut karena peserta diklatpim setiap tahunnya dibatasi sesuai anggaran yang tersedia.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kompetensi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang Teguh Nugroho mengatakan, tahun ini pihaknya memfasilitasi 40 orang pejabat eselon IV untuk mengikuti diklatpim IV dan dua orang pejabat eselon II untuk mengikuti diklatpim II.“Untuk yang diklatpim IV pelaksanaannya di Sawangan, Kota Depok.

Kebetulan kita dapat tempatnya di sana. Untuk yang diklatpim II Pak Tarkul Wasyit (Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempun dan Perlindungan Anak-red) dan Pak Suhardjo (Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan-red),” kata Teguh, Jumat (2/8).

Ia menuturkan, pada tahun ini Pemkab Serang tidak memfasilitasi pejabat eselon III untuk mengikuti diklatpim III dikarenakan tidak kebagian tempat. “Untuk diklatpim III itu kan dilaksanakannya di badan diklat milik provinsi yang di Pandeglang, tapi karena penuh banyak yang menggelar diklatpim dari kabupaten/kota lain tahun ini untuk diklatpim III enggak ada. Mudah-mudahan tahun depan bisa,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, bagi aparatur sipil negara (ASN) yang telah menempati jabatan eselon IV, III, dan II wajib untuk mengikuti diklatpim paling lambat satu tahun setelah dilantik. “Di kita banyak yang belum diklatpim, eselon IV saja lebih dari 100, eselon III ada sekitar 50, dan eselon II ada lima orang. Kita anggarannya terbatas dan pesertanya juga dibatasi,” tuturnya.

Adapun anggaran untuk diklatpim sesuai standar yang telah ditentukan Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk diklatpim IV per orang Rp20 juta, diklatpim III per orang Rp22 juta, dan diklatpim II per orang Rp30 juta. “Tahun ini kita juga mengadakan pelatihan dasar bagi CPNS yang baru. Yang sudah terlaksana dua angkatan masing-masing 40 orang. Sisanya kita mulai lagi 22 Agustus,” ungkapnya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook