Olahraga untuk Mencegah Osteoporosis dan Kepikunan

nurul roudhoh   |   Kesehatan  |   Sabtu, 03 Agustus 2019 - 13:03:53 WIB   |  dibaca: 228 kali
Olahraga untuk Mencegah Osteoporosis dan Kepikunan

LATIHAN: Kepala DP3AKKB Banten, Siti Ma’ani Nina (tengah) saat berlatih Land Dance, kemarin.

Banyak cara untuk melakukan pencegahan osteoporosis dan kepikunan. Dari mengkonsumsi makanan sehat, vitamin hingga berolahraga. Namun ada cara yang lebih menarik dan menyenangkan agar tidak terserang osteoporosis dan kepikunan, salah satunya adalah Land Dance.

Land Dance adalah gerakan tarian yang diiringi musik, yang dipercaya mampu mencegah osteoporosis dan kepikunan. Seperti yang disampaikan Tenny Aprillavia, salah seorang instruktur Land Dance Banten.

Menurutnya, Land Dance adalah gerakan tari dengan menggukan musik yang dirangkai menjadi koreografer sehingga menjadi gerakan olahraga. Salah satu manfaat dari Land Dance adalah mencegah osteoporosis, mencegah kepikunan dan yang jelas akan banyak menjalin silaturhami dengan sesama pecinta Landa Dance.

Ia mengaku, Land Dance di Banten adalah Universal Land Dance Banten yang berdiri sejak delapan tahun yang lalu, dan baru tahun kemarin sudah memiliki tujuh cabang di delapan kabupaten/kota se-Banten.

"Hampir di setiap kabupaten/kota di Banten memiliki Land Dance. Untuk Kabupaten/Kota Serang, club Land Dance-nya digabung," kata Tenny kepada Banten Raya usai melatih di Gedung Pelayanan Satu Atas, KP3B, Jumat (2/8).

Warga asal Tangerang ini menjelaskan, Land Dance sendiri memiliki beragam gerakan olahraga yang diiringi musik. Setiap musik memiliki gerakan yang berbeda. Tidak hanya itu, setiap instruktur Land Dance memiliki kebebasan dalam membuat koreografi. Namun dalam membuat koreografi tidak adal-asalan, karena dalam pembuatan koreografi harus memiliki materi dasar yang mampu dipelajari oleh orang lain.

"Land Dance yang berasal dari Amerika Latin ini sudah dikenal di Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu, dan di Banten sendiri sedang trent. Bahkan, jumlah anggota yang mengikuti Land dance Banten ratusan peserta," ungkapnya.

Terkait berapa lama bagi pemula untuk bisa Land Dance, Tenny mengatakan, bagi pemula yang tidak memiliki basic menari, bisa memakan waktu dua bulan untuk bisa menguasai Land Dance. Namun, jika memiliki basic menari dan giat berlatih tidak akan memakan waktu yang lama untuk bisa menguasai Land Dance."Untuk Land Dance Banten yang tergabung dalam Universal Land Dance Banten sudah sering mengikuti kejuaraan. Tahun kemarin, kami berhasil meraih juara harapan di Kuala Lumpur," ucapnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook