Pemkab Validasi Data Penerima Huntap

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Sabtu, 10 Agustus 2019 - 10:58:40 WIB   |  dibaca: 219 kali
Pemkab Validasi Data Penerima Huntap

PENDATAAN ULANG : Pemkab melakukan verifikasi data penerima bantuan pembangunan huntap bagi korban tsunami di Ruang Pintar Setda Pandeglang, Jumat (9/8).

PANDEGLANG, BANTEN RAYA - Pemkab Pandeglang melakukan verifikasi data penerima bantuan pembangunan hunian tetap (huntap) bagi korban tsunami. Verifikasi tersebut dilakukan supaya bantuan huntap tepat sasaran. Kepala Plh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang, Yahya Gunawan mengatakan, tahapan verifikasi dan validasi data penerima huntap sedang dalam tahap proses. "Verifikasi data penerima huntap ini disesuaikan dengan by name by address.

Kita lakukan pencocokan data huntap yang sudah ada, apakah benar bahwa nama korban tsunami itu terdata dan sesuai KTP maupun kartu keluarga," kata Yahya, ditemui usai melakukan verifikasi data penerima huntap di Ruang Pintar Setda Pandeglang, Jumat (9/8).

Dari pendataan itu, Yahya berharap warga yang menjadi korban tsunami terdata dengan baik, sehingga bantuan huntap yang akan disalurkan tepat sasaran. "Kita ingin telusuri lagi bahwa penerima huntap datanya valid, sesuai dan tidak ada korban tsunami tidak dapat huntap," ungkap laki-laki yang juga menjabat Kepala Diskomsantik Pandeglang ini.

Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, Lilis Sulistiati menyebutkan, verifikasi data tersebut dilakukan agar penerima huntap difokuskan bagi warga yang rumahnya rusak berat akibat bencana tsunami. "Sekarang datanya lagi kita verifikasi dan validasi. Kita ingin warga yang dapat huntap rumah yang rusak berat atau ambruk," ujarnya.

Menurutnya, bagi rumah warga yang mengalami rusak ringan dan sedang akibat tsunami akan mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah dan Provinsi Banten. "Kalau rumah yang rusak sedang dan ringan nanti ada dari kabupaten dan provinsi, kalau huntap kan langsung dari BNPB," katanya. Lilis menjelaskan, rencana pembangunan huntap masih tahap verifikasi. Sementara saat ini pemerintah daerah masih menunggu proses pembebasan lahan. "Untuk huntap sendiri kan sekarang masih dalam proses pengajuan tanah," jelasnya. (yanadi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook