Distan akan Uji Coba Tanam Bawang Putih

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Sabtu, 10 Agustus 2019 - 11:21:00 WIB   |  dibaca: 262 kali
Distan akan Uji Coba Tanam Bawang Putih

PASAR TANI: Sekda Pemkab Serang Tb Entus Mahmud Sahiri meninjau pasar tani di halaman Pemkab Serang, Jumat (9/8).

SERANG, BANTEN RAYA – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Serang menggelar pasar tani di halaman Pemkab Serang untuk membantu para petani menjual hasil pertaniannya. Produk yang dijual di pasar tani tersebut seluruhnya merupakan hasil produksi petani Kabupaten Serang kecuali bawang putih. Kegiatan yang berlangsung selama satu hari itu disambut antusias oleh para pembeli.

 

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tb Entus Mahmud Sahiri mengatakan, kegiatan pasar tani bertujuan untuk memfasilitasi para petani agar lebih mudah menjual produknya. “Hari ini (kemarin-red) pemda melalui distan bisa mengadakan pasar tani, ini kegiatan yang ditunjukan untuk membantu para petani. Alhamdulillah responsnya cukup baik dari ASN dan masyarakat umum,” kata Entus, Jumat (9/8).

Entus berharap, pasar tani bisa digelar secara rutin dan tidak hanya menjelang Idul Fitri dan Idul Adha saja sehingga para petani merasa terbantu dalam memasarkan produknya. “Sudah barang tentu produk yang dijual di sini harganya lebih murah dibanding yang dijual di pasar karena barangnya langsung dari petani. Kemudian barangnya juga masih fresh karena baru dipetik,” ujarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Holtikultura Distan Kabupaten Serang Zaldi Dhuhana menjelaskan, pasar tani yang dilaksanakan menjelang Idul Adha tahun ini banyak diikuti para petani di banding tahun-tahun sebelumnya. “Alhamdulillah sekarang lebih banyak pesertanya. Untuk harga kita jual di bawah harga pasar sepeti cabe merah kita jual di bawah Rp70.000 per kilogram,” katanya.

Ia memastikan, semua produk yang dijual di pasar tani tersebut tidak ada produk yang dihasilkan dari luar Kabupaten Serang, baik itu produk sembako maupun buah-buahan. “Semua hasil pertanian dari Kabupaten Serang yang dijual di sini kecuali bawang putih, kalau bawang putih memang dari impor. Sampai saat ini kita tidak punya petani yang menanam bawang putih,” paparnya.

Zaldi menuturkan, pihaknya baru akan melakukan uji coba tanam bawang putih di Kabupaten Serang pada tahun depan di Kecamatan Ciomas dan Kecamatan Padarincang. “Infonya ada bawang butih yang dtanam di dataran rendah dengan ketinggian 200 sampai 500 meter dari permukaan laut. Kalau uji coba ini berhasil nanti kita kembangkan sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar di Kabupaten Serang,” ucapnya.

Ia menjelaskan, biasanya bawang putih ditanam di dataran tinggi antara 700 sampai 1.000 meter dari permukaan laut dan di daerah yang dingin. “Untuk uji coba tidak boleh luas-luas paling di bawah 5 hektar. Kita akan mengintroduksi kepada para petani bawang merah yang sudah ada. Untuk komoditas inflasi di kita baru ada cabe merah, tomat, dan bawang merah. Itu pun masih terbatas,” ungkapnya. (tanjung/fikri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook