Napi Lomba Cerdas Cermat, Petugas Balap Karung

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Sabtu, 10 Agustus 2019 - 11:31:57 WIB   |  dibaca: 290 kali
Napi Lomba Cerdas Cermat, Petugas Balap Karung

IKUT GEMBIRA : Warga binaan di Rutan Serang mengikuti perlombaan dalam rangka memeringati HUT ke-74 Republik Indonesia, kemarin.

LEBAK, BANTEN RAYA- Ratusan narapidana (napi) atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara Klas IIB Rangkasbitung mengikuti lomba cerdas cermat, Jumat (9/8). Kegiatan tersebut bagian dari rangkaian acara pekan semarak dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia ke- 74 tahun 2019."Kegiatan ini rutin kita gelar untuk mengevaluasi pengetahuan umum para napi. Soal-soalnya lebih banyak pengetahuan sejarah, pengetahun umum dan keagamaan," kata Ketua Panitia Usep Mulyadi kepada Banten Raya.

Usep menjelaskan, soal sejarah diperbanyak karena momennya HUT RI. Hal itu bagian dari upaya membangkitkan rasa nasionalisme. "Bahwa kemerdekaan RI tidak diraih dengan mudah tapi dengan darah dan nyawa.

Maka dari itu kita mengajak semua napi untuk menjaga NKRI dan kita peringati hari kemerdekaan dengan semarak namun tetap sederhana," katanya.
Salah satu warga binaan berinisial RYL mengaku gembira atas digelarnya pekan semarak kemerdekaan ini. "Walau pun di sini ( di tahanan) kita bisa ikut bergembira memperingati HUT RI," katanya.

Perayaan kemerdekaan juga dilakukan di Rumah Tahanan (Rutan) IIB Serang dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIA Serang. Kepala Satuan Pengamanan Lapas (KPLP) Serang M Askari mengatakan, kegiatan juga turut diikuti oleh staf lapas. Sejumlah kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan yaitu futsal, tenis meja, badminton, tenis lapangan, bola voli serta lomba tradisional khas HUT RI, seperti balap karung, lomba makan kerupuk dan lomba lari kelereng.

"Kegiatan ini juga merupakan sarana rekreasi, untuk mengisi waktu selama WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) menjalani masa hukuman agar terhindar dari kejenuhan dan diharapkan juga lahir bibit atlet yang memiliki prestasi, serta menjaga situasi keamanan agar tetap kondusif," ujarnya. (purnama/darjat/rahmat/fikri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook