Ingatkan Profesi Leluhur, Ajak Warga Cintai Laut

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Senin, 12 Agustus 2019 - 12:01:55 WIB   |  dibaca: 442 kali
Ingatkan Profesi Leluhur, Ajak Warga Cintai Laut

LOMBA DAYUNG: Peserta lomba dayung di Kecamatan Puloampel memacu kecepatan perahu yang mereka naiki, Sabtu (10/8).

SERANG - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74 mendapat antusias dari masyarakat Kabupaten Serang dengan menggelar berbagai perlombaan, tidak terkecuali masyarakat di Kecamatan Puloampel.

Kecamatan Puloampel memiliki pantai yang indah dengan air lautnya yang biru, namun saat ini keindahan pantai tersebut semakin berkurang, karena hampir sepanjang bibir pantai di kecamatan tersebut sudah berdiri bangunan-bangunan industri sehingga masyarakat tidak lagi mendapat akses untuk bisa bermain ke laut.

Namun dari banyaknya deretan bangunan industri itu, masih tersisa pantai yang dijadikan tempat bermain dan usaha masyarakat yaitu, di sekitar tempat pelelangan ikan (TPI) Pulokali. Di tempat yang tersisa itu digelar kegiatan lomba dayung dalam tingkat kecamatan dalam rangka merayakan HUT RI ke-74 tahun 2019.

“Karena lomba dayung ini baru pertama digelar, jadi yang mengikuti lomba hanya dua desa yakni, desa Desa Puloampel dan Desa Pulo Panjang. Lombanya kemarin hari Sabtu (10/8),” kata Luki Sosiawan, Sekretaris Panitia HUT RI tingkat Kecamatan Puloampel, Minggu (11/8).

Bukan tanpa tujuan dipilihnya lomba dayung pada HUT RI ke-74 tahun ini, melainkan untuk mengingatkan anak-anak muda di Kecamatan Puloampel bahwa orang leluhur mereka sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. “Kita ingin mengingatkan kepada masyarakat bahwa orangtua kita dulu merupakan nelayan-nelayan yang hebat,” ujarnya.

Alasan tersebut sangat beralasan, karena saat ini jumlah nelayan di Kecamatan Puloampel terus berkurang karena anak muda di sana lebih memilih bekerja di industri yang ada di wilayah mereka. “Kita juga ingin mengajak masyarakat untuk mencintai laut kita, orangtua kita dulu hidup dari laut dan bertani. Ke depan lomba dayung ini akan terus kami laksanakan,” tuturnya. (TANJUNG/ FIKRI)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook