Kampung Pojok, Desa Sindangsari: Tonjolkan Lingkungan Hijau dan Bersih

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Senin, 12 Agustus 2019 - 15:15:52 WIB   |  dibaca: 476 kali
Kampung Pojok, Desa Sindangsari: Tonjolkan Lingkungan Hijau dan Bersih

KAMPUNG BERSIH : Seorang warga sedang menyirami tanaman di depan rumahnya.

SERANG – Kampung Pojok terpilih menjadi salah satu perwakilan Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran dalam ajang lomba Kampung Bersih dan Aman yang diselenggarakan Radar Banten bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dan Polda Banten serta Korem 064/Maulana Yusuf. Kampung ini akan menonjolkan keasrian dengan nuansa tanaman hijau dan kebersihan lingkungan.

Diketahui, Lomba Kampung Bersih dan Aman diikuti oleh 326 RW se-Kabupaten Serang. Dimana, 1 RW mewakili 1 desa dalam kegiatan ini.Pantauan Radar Banten, Senin (12/8) pagi di Kampung Pojok, nuansa hijau terasa ketika memasuki gapura kampung. Beragam jenis tumbuhan terlihat menghiasi rumah – rumah warga. Tampak sejumlah ibu-ibu menyapu halaman rumah.

Mahfud, ketua RT 01 Kampung Pojok, Desa Sindangsari mengatakan, pihaknya sudah mengimbau kepada warga untuk melakukan persiapan lomba Kampung Bersih dan Aman. “Semalem kita sudah musyawarah tentang lomba itu bersama Kader Kampung Pojok dan tokoh masyarakat,” kata Mahfud kepada Radat Banten di Kediamannya.

Dijelaskan Mahfud, warga di wilayahnya diwajibkan menanam tanaman seperti cabai, tomat, terong dan anggur di depan pekarangan rumah. Tujuannya untuk mengurangi biaya dapur untuk makan sehari-hari. “Kita punya rumah bibit di lahan seluas 1.500 meter persegi milik masyarakat,” katanya.

Rumah bibit tersebut berdiri sejak 2018 melalui Program Koperasi Kerta Raharja dan dijadikan tempat belajar warga Kampung Pojok tentang cara menanam dan merawat tumbuhan. “Alhamdulillah rumah bibit itu sangat bermanfaat bagi kami,” aku Mahfud.

Namun, Mahfud mengaku, dari empat syarat mengikuti lomba Kampung Bersih dan Aman yakni harus memiliki pos keamanan lingkungan, tempat sampah, kelompok sadar hukum dan sadar lingkungan, wilayahnya belum memenuhi empat syarat tersebut. “Di sini baru ada pos keamanan lingkungan doang, yang lainnya belum ada,” ungkapnya.

Kendati demikian, Mahfud akan berkoordinasi dengan Kepala Desa Sindangsari, Kader Kampung Pojok, dan masyarakat untuk segera melakukan persiapan dan memenuhi persyaratan lomba. “Lomba ini menjadi motivasi kami untuk memperbaiki kampung,” katanya.

Sementara itu, salah satu warga Kampung Pojok, Nulelah mengaku sudah siap mengikuti lomba Kampung Bersih dan Aman. “Saya mah setiap pagi dan sore juga nyapu dan siram tanaman,” katanya. (mg06)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook