Kampung Birai Berbenah, Ikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman 2019

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 13 Agustus 2019 - 10:31:07 WIB   |  dibaca: 59 kali
Kampung Birai Berbenah, Ikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman 2019

SERANG – Rukun Warga (RW) 05, Kampung Birai, Desa Tanjungsari, Kecamatan Pabuaran, bersiap menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman 2019 tingkat Kabupaten Serang. Selain meningkatkan kebersihan, pihak desa bersama RW tengah membenahi administrasi sistem keamanan lingkungan (Siskamling).

Diketahui, RW 05, Kampung Birai, terdiri dari dua RT. Yakni, RT 14 dan RT 15 dengan total jumlah penduduk 180 orang dari 60 kepala keluarga (KK). Sebelum mengikuti perlombaan Kampung Bersih dan Aman 2019, kampung ini juga mewakili desa yang lahir 1945 itu pada ajang lomba Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Pj Kepala Desa Tanjungsari Roni Sahroni mengaku sudah mempersiapkan terkait dengan unsur-unsur penilaian pada Kampung Bersih dan Aman tingkat Kabupaten Serang yang digagas Radar Banten bersama Pemkab Serang dan Polda Banten, serta bekerja sama dengan Korem 064/Maulana Yusuf Serang. “Alhamdulillah persiapan sudah mencapai 85 persen,” ujarnya kepada Radar Banten, Senin (12/8).

Persiapan menjelang perlombaan mendapatkan dukungan penuh dari warga. Pria yang akrab disapa Roni itu mengatakan, warga aktif dan respons dalam menata kebersihan kampung, mulai dari membersihkan drainase hingga lingkungan. “Masyarakat gotong royong mendukung penataan kebersihan,” terangnya.

Terkait dengan keamanan, Roni mengaku saat ini jadwal ronda dan perlengkapan penunjang lainnya sudah berjalan. Namun, dirinya saat ini fokus membenahi administrasi. Misalnya, memperbaiki jadwal ronda rutin, buku tamu pendatang. “Secara praktik sudah berjalan. Ada beberapa hal saja yang harus diperbaiki,” katanya.

Penunjukan kampung Birai sebagai peserta lomba, salah satu tujuan utamanya agar semua kampung yang ada di Desa Tanjungsari tertata rapih dan aman. “Kami ingin semua kampung semuanya tertata,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RW 05, Desa Tanjungsari, Kudari mengaku bahwa pihaknya langsung mengumumkan kepada warga terkait keikutsertaan Kampung Birai dalam Kampung Aman dan Bersih. Ia pun bersama warga langsung melakukan persiapan. “Persiapan sudah berjalan. Masyarakat diajak untuk tetap menjaga kebersihan,” katanya.

Saat ini, kata dia, pihaknya tengah memperbaiki jadwal ronda atau Siskamling. Ia pun bersama warga berterima kasih kepada pihak desa yang telah memberikan kepercayaan kepada kampungnya. “Kita akan berusaha semaksimal mungkin bersama warga memberikan yang terbaik,” tandasnya. (Fauzan Dardiri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook