Banyak Parpol Belum Setorkan LHKPN

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Selasa, 13 Agustus 2019 - 10:46:16 WIB   |  dibaca: 113 kali
Banyak Parpol Belum Setorkan LHKPN

SELAMAT : Suasana rapat Pleno Penetapan Anggota DPRD Cilegon terpilih yang digelar KPU Kota Cilegon menggelar di salah satu hotel, Senin (12/8).

CILEGON, BANTEN RAYA –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon m­e­mastikan tidak akan menyerahkan ke Pemkot Cilegon, nama dewan ter­pilih dari partai politik (parpol) yang belum menyetorkan bukti penyerahan Laporan Harta Kekayaan Pe­jabat Negara (LHKPN) ke Komisi Pem­be­ran­tasan Korupsi (KPK). Dari sembilan parpol, dua parpol yang telah menyerahkan tanda terima LHKPN anggota dewan terpilihnya ke KPU Cilegon sejak Mei lalu. Kedua parpol itu adalah Partai berkarya dan NasDem.

Informasi yang diperoleh, ada tiga parpol yang mengaku telah menye­rahkan LHKPN anggotanya ke KPK. Namun, bukti tanda terima pelaporan itu belum diserahkan ke KPU Cilegon. Alasannya, karena menunggu penetapan. Tiga parpol yang me­nga­ku telah me­laporkan LHKPN ang­gotanya ada­lah Par­tai Golkar, De­mokrat, dan Gerindra. Mereka mengaku baru mengumpulkan pada saat Pleno Pe­netapan Anggota DPRD Kota Cilegon terpilih, Senin (12/8).

Sekretaris DPD Berkarya Kota Cilegon, Muchlis menyatakan, pihaknya sudah mengumpulkan tanda terima LHKPN sejak Mei atau usai adanya pleno rekapitulasi suara KPU Kota Cilegon. Keempat caleg terpilih langsung diinstruksikan oleh parpol untuk bisa mengurusi LHKPN usai adanya hasil rekapitulasi.“Langsung kami sampaikan pada Mei, tanda terima sudah diberikan kepada KPU Kota Cilegon,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKS Kota Cilegon, Abdul Ghoffar saat dikonfirmasi, mengatakan, empat anggota dewan terpilih sudah menye­rahkan LHKPN dan membe­rikan kepada parpol. Namun, karena belum ada penetapan maka belum diberikan. “Sudah semua mengurus LHKPN ke KPK, tinggal tanda terimanya saja, lusa kami berikan kepada KPU Kota Cilegon,” katanya kepada Banten Raya saat menghadiri Pleno Penetapan Angoota DPRD Cilegon terpilih yang digelar KPU Cilegon, kemarin.

Sekretaris DPD Golkar Kota Cilegon, Sutisna Abbas mengungkapkan, pihaknya telah menyerahkan tanda te­rima LHKPN anggota dewan ter­pi­lihnya kepada KPU Kota Cilegon ber­samaan dengan pleno penetapan tersebut. Ia beralasan, baru diserahkan untuk memastikan caleg yang bersangkutan di­tetapkan.

“Ini berkasnya sudah saya ba­wa (tanda terima LHKPN-red). Ada 10 caleg yang ditetapkan dan kami la­porkan LHKPN-nya kepada KPU se­karang (kemarin-red),” ungkap Tisna -panggilan akrab Sutisna Abbas, kemarin. Tisna juga memperlihatkan 10 tanda terima LHKPN anggota DPRD Cilegon asal Golkar terpilih.

Untuk laporan kepada parpol sendiri, lanjut Tisna, sudah sejak lama diberikan oleh para caleg. Namun pemberian kepada KPU disengaja diserahkan setelah adanya ketetapan resmi pleno. “Sudah lama beberapa bulan lalu kalau caleg mengumpulkan LHKPN. Namun, untuk pastinya kami serahkan kepada KPU setelah adanya pleno resmi.”

Ghoffar -panggilan Abdul Ghoffar, mengaku, tidak ada kesulitan dalam mengurusi LHKPN. Pasalnya, 4 caleg yang ditetapkan merupakan petahana, sehingga tinggal melakukan pembaruan laporan saja. “Tidak (sulit), karena sudah pernah, sekarang ini tinggal memperbaharui laporannya saja.”

Caleg DPRD Kota Cilegon terpilih dari PAN, Khairullah, menyatakan, jika tanda terima LHKPN akan secepatnya diberikan kepada KPU Kota Cilegon. Saat ini parpol sudah mendapat bukti terima LHKPN dari KPK. ”Hanya tingal secara simbolis diberikan kepada KPU.”Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi, mengatakan. “Konsekuensinya kami tidak akan usulkan kepada pemkot caleg yang tidak memberikan LHKPN.” (uri/marjuki)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook