Babinsa Mancak Kampanyekan Kampung Bersih dan Aman

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Selasa, 13 Agustus 2019 - 11:19:57 WIB   |  dibaca: 221 kali
Babinsa Mancak Kampanyekan Kampung Bersih dan Aman

DISKUSI : Danramil 2306/Mancak dan Camat Mancak (kiri dan dua dari kiri).

MANCAK – Bintara pembina desa (Babinsa) Koramil 2306/Mancak memulai tugas tambahan. Mereka mengampanyekan Kampung Bersih dan Aman kepada masyarakat di 14 desa di Kecamatan Mancak. Terutama kepada aparatur desa, perangkat lingkungan, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda. Mereka ikut aktif berperan menyukseskan kompetisi yang digulirkan Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten ini.

Komandan Koramil 2306/ Mancak Kapten Inf Dedi Bonar Sirait memastikan untuk menerjunkan 14 babinsa-nya. Bintara TNI AD tersebut mendapat tugas khusus untuk mengampanyekan Kampung Bersih dan Aman. Para babinsa melakukannya dengan mendatangi pengurus RT dan RW di 14 desa di Kecamatan Mancak.

“Kita akan menerjunkan 14 babinsa dari Koramil 2306/ Mancak. Mereka akan sosialisasi melalui pengurus RW dan RT di tiap-tiap desa di Mancak, melakukan sosialiasi Kampung Bersih dan Aman tahun 2019 tingkat Kabupaten Serang,” tegas Dedi kepada Radar Banten, Senin (12/8).

Langkah awal, babinsa Koramil 2306/Mancak mengajak dan bersama-sama masyarakat melaksanakan kegiatan gotong-royong membersihkan lingkungan perkampungan. Secara teknis, para babinsa juga ikut membantu masyarakat membuat gapura. TNI AD punya tekad untuk menghidupkan kembali budaya gotong-royong.

Untuk kampung aman, ungkap Dedi, babinsa Koramil 2306/Mancak juga mengajak masyarakat melaksanakan kegiatan siskamling. Masyarakat diminta menjaga keamanan lingkungannya dengan rutin ronda malam. Babinsa tetap membina Linmas di desa-desa di Kecamatan Mancak.

“Termasuk mendata orang asing yang tinggal berlama-lama di satu desa, mengingat Kecamatan Mancak merupakan satu daerah yang berbatasan langsung dengan wisata Pantai Anyar,” kata Dedi.

Anggota babinsa Koramil 2306/Mancak dan aparatur Kecamatan Mancak menyosialisasikan Kampung Bersih dan Aman.

Soal Kampung Bersih dan Aman, Pemerintah Kecamatan Mancak pun ikut aktif menyukseskannya. Camat Mancak Inzul Arob menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan beberapa persiapan. Inzul memastikan, pihaknya bakal berpartisipasi dalam kompetisi Kampung Bersih dan Aman. Desa yang bakal ikut, masuk kategori pemula.

Pemerintah Kecamatan Mancak, lanjutnya, juga telah menyosialisasikan waktu pendaftaran Kampung Bersih dan Aman kepada para pengurus RT dan RW. Pendaftaran bisa dilakukan via online. “Kami sudah mengumpulkan seluruh kepala desa di Kecamatan Mancak untuk diberitahukan soal pendaftaran lomba Kampung Bersih dan Aman. Di Kecamatan Mancak, ada 14 desa. Melalui pengurus RT dan RW, akan ikut berpartisipasi mendaftar lomba Kampung Bersih dan Aman,” jelas Inzul.

Inzul menambahkan, bersama unsur muspika Mancak lain, pihaknya berencana memberikan penyuluhan tentang bagaimana menciptakan desa yang bersih dan aman, yang akan berdampak positif terhadap masyarakatnya. “Kami juga mengimbau kepada seluruh desa agar mengirimkan utusannya (RW-red) untuk mengikutsertakan dalam lomba Kampung Bersih dan Aman,” katanya. (jay/ang/don)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook