Kabid Kebudayaan Lulusan Terbaik Nasional

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 13 Agustus 2019 - 12:28:53 WIB   |  dibaca: 95 kali
Kabid Kebudayaan Lulusan Terbaik Nasional

PENGHARGAAN: Kabid Kebudayaan Evie Shofiyah Usman menerima penghargaan dari Walikota Serang Syafrudin yang diberikan saat HUT Kota Serang, Sabtu (10/8)

SERANG, BANTEN RAYA- Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Evie Shofiyah Usman meraih lulusan istimewa terbaik pelatihan kepemimpinan nasional eselon 3. Pelatihan kepemimpinan nasional ini diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI. Atas prestaisnya itu, Walikota Serang Syafrudin pun memberikannya penghargaan.

Evie mengaku pengahargaan dari LAN RI dan dari Walikota Serang itu merupakan motivasi baginya untuk selalu semangat dalam bekerja, berkarya, dan berinovasi. Ia mengaku selalu ingat pesan pimpinan agar tidak kendor membangun Kota Serang. “Walau sedikit yang bisa saya persembahkan untuk Kota Serang di Hari Ulang Tahun ke-12 semoga memberi manfaat,” katanya, kemarin.

Evie mengungkapkan bahwa penghargaan yang didapatkannya tidak bisa dilepaskan dari proyek perubahan yang dilakukannya. Latar belakang ia mengambil proyek perubahan karena saat itu Kota Serang belum memiliki batik khas Kota Serang, sehingga sangat dibutuhkan untuk identitas daerah.

Selain itu juga sebagai promosi budaya dan pelestrian nilai budaya sehingga motif yang dapat dituangkan pada batik tidak hanya mengambil dari artefak tapi juga dari sejarah, alam, kuliner, cerita, seni budaya, dan lain-lain.“Sekarang motif batik khas Kota Serang sudah diperwalkan oleh walikota Serang,” katanya.

Evie menyatakan bahwa ada enam motif batik yang sudah ditetapkan walikota, yaitu motif Menara (Banten), Al Madad, Seribu Bedug, Sawung Pathok, Pintu Gerbang Paduraksa, dan Sate Bandeng. Ia mengatakan semua capaian ini tidak dapat tanpa dukungan semua pihak, seperti sanggar-sanggar, padepokan, komunitas, forum, instansi pemerintah, instnsi swasta, sekolah, kampus-kampus, media massa, dan lain-lain.“Terutama dukungan walikota Serang, wakil walikota Serang, sekda, serta kepala dinas pendidikan dan kebudayaan,” katanya.

Evie berharap agar hasil proyek perubahan ini lebih bermakna bagi masyarakat, maka akan disosialisasikan terlebih dahlu. Ia juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk bisa bekerja sama dengan pelaku usaha dan perajin agar batik khas Kota Serang bisa dibuat di Kota Serang sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. “Sehingga motif batik Kota Serang bisa digunakan oleh ASN di lingkungan Pemkot Serang, sekolah-sekolah, instansi swasta, perbankan, serta seluruh msyarakat,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang Wasis Dewanto mengatakan bahwa tahun 2020 sudah dianggarkan soaialisasi motif batik khas Kota Serang ini pada APBD Kota Serang tahun 2020. (tohir/rahmat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook