SMPN 1 Serang Sembelih Hewan Kurban

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 13 Agustus 2019 - 12:31:59 WIB   |  dibaca: 163 kali
SMPN 1 Serang Sembelih Hewan Kurban

ANTUSIAS: Ratusan pelajar SMPN 1 Serang antusias menyaksikan prosesi penyembelihan hewan kurban di lapangan sekolahnya, Senin (12/8).

SMPN 1 Kota Serang rutin menyembelih hewan kurban untuk memperingati hari raya Idul Adha. Pada Idul Adha tahun 2019 ini, proses penyembelihan dilakukan di lapangan upacara sekolah yang beralamat di Jalan Abdul Fatah Hasan, Ciceri Permai, Kota Serang, Senin (12/8) sekitar pukul 09.00.

Tiga hewan kurban disembelih, yakni satu ekor sapi, dan dua ekor wedus alias kambing.Pantauan Banten Raya di lokasi, prosesi penyembelihan hewan kurban disaksikan oleh ratusan siswa-siswi dan dewan guru P One sebutan lain SMPN 1 Serang. Gema takbir pun bersahutan di area tersebut mengiringi proses penyembelihan hewan kurban.

Kepala SMPN 1 Serang Muhammad Syukur mengatakan, kegiatan penyembelihan hewan kurban dilakukan rutin tiap tahun di sekolahnya. Karena salah satu manfaat berkurban adalah sebagai bentuk ketakwaan seorang muslim dan memberikan pembelajaran kepada anak didik.

“Saya berharap bahwa dengan melakukan kurban di sekolah ini, paling tidak pada diri anak-anak ke depan dia harus berkurban. Cuman memang pelaksanaannya belum,” kata Syukur, ditemui di ruang kerjanya di SMPN 1 Serang, usai memantau langsung proses penyembelihan hewan kurban.

Ia mengungkapkan, tiga hewan kurban itu berasal dari sembilan guru SMPN 1 Serang yang melaksanakan kurban. Setiap tahunnya para guru P One menyisihkan dari gajinya untuk menabung hewan kurban.

“Alhamdulillah hampir setiap tahun rekan-rekan dewan guru yang berniat melaksanakan kurban, akhirnya berkurban di sini. Untuk tahun ini, ada sembilan guru yang melaksanakan kurban. Ada satu ekor sapi dan dua ekor kambing,” ungkap dia.

Syukur juga mengaku memiliki rencana untuk anak didiknya agar dapat menabung setiap harinya untuk berkurban. Ia berharap dalam rentang waktu satu tahun anak didiknya bisa berkurban atas nama pribadinya.“Cuma masih kita pikirkan, saya khawatir tidak semua anak mampu,” ucapnya.

Ia mengaku pada tahun sebelumnya SMPN 1 Serang pun menerima sumbangan hewan kurban dari luar sekolah. Namun karena keterbatasan sumber daya manusia (SDM), pihaknya untuk tahun ini tidak menerima sumbangan hewan kurban.“Ya kita batasi juga, kalau tidak dibatasi, saya khawatir orang tua murid banyak yang ke sini untuk berkurban. Kita repot keamanatannya sama hewan kurban,” tutur Syukur.

Sementara Wakasek Bidang Humas SMPN 1 Serang Adek Candra menambahkan, hewan kurban tersebut dibagikan kepada warga SMPN 1 Serang dan warga sekitar.“Kita bagikan kepada dewan guru, pedagang kantin, siswa yang tidak mampu, warga sekitar seperti tukang ojek, tukang becak dan beberapa warga yang berada di lingkungan terdekat,” ujar Adek. (harir/rahmat)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook