PDIP Raih Kursi Terbanyak

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Selasa, 13 Agustus 2019 - 12:38:49 WIB   |  dibaca: 222 kali
PDIP Raih Kursi Terbanyak

DITETAPKAN ; Komisioner KPU Kabupaten Tangerang menetapkan anggota DPRD Kabupaten Tangerang periode 2014-2024 saat rapat pleno terbuka di aula hotel Arya Duta Karawaci, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Senin (12/8).

KAB. TANGERANG, BANTEN RAYA - PDI Perjuangan (PDIP) tetap menempatkan wakilnya yang terbanyak di DPRD Kabupaten Tangerang untuk periode 2019-2024. Bahkan peroleh kursinya bertambah dari periode lalu, dari semula 7 kursi menjadi 8 kursi pada pemilu kali ini.

Hal ini terungkap saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kabupaten hasil Pemilihan Umum Tahun 2019 yang digelar KPU Kabupaten Tangerang.Terbanyak kedua adalah Partai Gerindra dengan 7 kursi, atau naik dua kursi  dari pemilu 2014 lalu.

Disusul Partai Golkar dengan 6 kursi (turun dari 7 kursi), kemudian PKS 6 kursi (naik dari 2 kursi). Lalu PPP 6 kursi, Partai Demokrat 6 kursi, PKB 4 kursi, PAN 4 Kursi, Partai Nasdem 2 kursi (turun dari 4 kursi), dan Partai Hanura 1 kursi (turun dari 3 kursi).

Perolehan kursi kali ini menggunakan sistem metode penghitungan saint lague. Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu disebutkan, partai politik harus memenuhi ambang batas parlemen sebanyak 4 persen dari jumlah suara.

Hal ini diatur dalam Pasal 414 ayat 1. Sesudah partai memenuhi ambang batas parlemen, langkah selanjutnya adalah menggunakan metode sainte lague untuk mengkonversi suara menjadi kursi di DPR. Hal itu tertera dalam Pasal 415 (2), yaitu setiap partai politik yang memenuhi ambang batas akan dibagi dengan bilangan pembagi 1 yang diikuti secara berurutan dengan bilangan ganjil 3,5, 7 dan seterusnya.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang, M Ali Zaenal menyampaikan, tahapan pemilu serentak 2019 di Kabupaten Tangerang dilaksanakan tanpa gejolak hingga ada putusan Makhamah Konsitusi (MK). “Kami mohon maaf jika ada yang kurang berkenan dalam penyelenggaraan pemilu,” kata Ali saat memimpin rapat pleno yang digelar di Hotel Arya Duta Karawaci, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Senin (12/8).

Sementara itu, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, penetapan itu merupakan tahap akhir rangkaian Pemilu perentak 2019. “Kami bersyukur Pemilu 2019 dapat dilaksanakan dengan aman, lancar dan tertib,” kata Zaki.

Zaki juga menyampaikan apresiasi kepada Polres, Kodim 0510/Tigaraksa, KPU, Bawaslu, pimpinan parpol, tokoh masyarakat, tokoh agama, PPK, PPS dan semua yang terlibat penuh dedikasi atas lancarnya pemilu. “Penetapan ini agar menjadi cermin keterwakilan masyarakat. Semakin sejahtera berdaya saing dan amanah. Ke depan bersama pemerintah membangun Kabupaten Tangerang,” harapnya.

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Tangerang, Akmaludin mengucapkan berterima kasih kepada masyarakat Kabupaten Tangerang yang mempercayai partai PDIP Perjuangan dalam ajang konstelasi pemilihan legislatif 2019 yang berhasil mengangkat 8 kursi di DPRD Kabupaten Tangerang. "Ini juga berkat solidnya kader PDIP  di Kabupaten Tangerang yang telah bekerja keras membawa partai kami dalam urutan pertama suara terbanyak,” katanya.

Akmaludin menambahkan, anggota DPRD terpilih dari PDIP berpeluang menjadi Ketua DPRD Kabupaten Tangerang. Namun keputusan akhir yang ditunjuk untuk jadi Ketua DPRD Kabupaten itu ada ditangan Ketua Umum PDIP Perjuangan, Megawati Soekarno Putri. "Dari keenam nama yang ikut fit and proper test, saya adalah salah satunya, tapi tentunya semua itu ada mekanisme partai yang harus di tempuh, dan saat ini sedang di godok di DPP," pungkasnya. (imron)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook